Memasuki Masyarakat Ekonomi ASEAN, dari sisi budaya menindaklanjuti kesepakatan KSAL negara-negara ASEAN untuk mengadakan pelayaran taruna seluruh ASEAN,"
Makassar (ANTARA News) - Komandan KRI Dewaruci ke-35 Letkol Laut (P) Widiyatmoko Baruno Aji mengatakan, pihaknya kini tengah menyiapkan pelayaran taruna perwakilan dari 10 negara se-ASEAN.

"Memasuki Masyarakat Ekonomi ASEAN, dari sisi budaya menindaklanjuti kesepakatan KSAL negara-negara ASEAN untuk mengadakan pelayaran taruna seluruh ASEAN," kata Baruno Aji disela-sela kehadirannya di Makassar, Jumat.

Menurut dia, kegiatan yang digelar pada September 2016 selama 25 hari itu, diikuti masing-masing lima taruna setiap negara di ASEAN.

Selanjutnya, ratusan taruna itu akan berlayar dengan KRI Dewaruci mengarungi samudera di wilayah Kawasan Timur Indonesia (KTI).

Setelah acara pelepasan taruna, KRI dan awaknya itu akan meninggalkan Surabaya menuju Bali, kemudian Lombok, Makassar, Balikpapan, Semarang dan kembali lagi ke Surabaya.

"Daerah yang akan disinggahi adalah yang memiliki potensi wisata dan mereka akan ke sejumlah objek wisata di masing-masing daerah itu," katanya sembari.

Sebagai gambaran, khusus di Makassar dua target kunjungan yakni Benteng Rotterdam di Kota Makassar dan kawasan pegunungan karst Rammang-Rammang di Kabupaten Maros, Sulsel.

Sementara mengenai persiapan dalam menghadapi pelayaran taruna se-ASEAN di KTI, dia mengatakan, setelah 40 orang taruna yang mengikuti Latek Navigasi Astronomi itu kembali ke Surabaya, maka KRI akan didok untuk pembersihan lunas dan penguatan plat kapal.

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016