London (ANTARA News) - Klub Liga Premier Inggris Liverpool resmi melepas bek tengah berusia 35 tahun asal Pantai Gading, Kolo Toure, pada Jumat (10/6) menyusul kontraknya yang telah habis pada akhir musim kompetisi 2016.

The Reds
tidak memberikan penawaran kontrak baru untuk Toure kendati pemain berpengalaman itu jadi pilihan utama di jantung pertahanan Liverpool untuk berduet dengan Dejan Lovren, yang tampil mengesankan di final Liga Europa melawan Sevilla pada bulan lalu.

Ada kemungkinan Toure akan diberikan kontrak jangka pendek saat masa depan bek Liverpool lainnya, Mamadou Sakho, belum jelas terkait kegagalan tes doping.

Namun hukuman suspensi 30 hari untuk pemain timnas Prancis itu tidak diperpanjang setelah investigasi UEFA tidak menemukan adanya zat pembakar lemak yang digunakan Sakho.

Datangnya Joel Matip dari Schalke dengan status bebas transfer dan pulihnya Joe Gomez setelah operasi ligamen lutut, membuat Liverpool yakin untuk melepas Toure pergi.

Liverpool menawarkan Toure kontrak sebagai staf pembinaan klub, namun bek itu masih ingin memperpanjang karirnya sebagai pesepakbola dan berharap bisa mendapatkan klub baru dengan statusnya sebagai pemain bebas transfer, demikian Skysports.

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2016