Semarang (ANTARA News) - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengajak berbagai komunitas yang ada untuk peduli terhadap para lanjut usia dan penyandang cacat sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama, terutama di bulan Ramadhan.

"Jika ini (kepedulian terhadap sesama) bisa dikembangkan dan banyak komunitas yang membantu sesama apalagi di bulan Ramadhan," katanya di Semarang, Sabtu.

Hal tersebut disampaikan Ganjar usai mengunjungi dan menyerahkan sumbangan di Panti Asuhan Cacat Ganda "Bhakti Asih", serta Panti Wreda Rindang Asih II di Jalan Dr Ismangil Semarang bersama sejumlah anggota komunitas pesepeda.

Menurut Ganjar, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui Dinas Sosial telah membantu para lansia dan penyandang cacat, baik yang berada di resos maupun di panti-panti yang dikelola masyarakat.

"Kebetulan sore ini saya diajak komunitas pesepeda yang punya agenda rutin tahunan untuk membantu sesama, sambil olahraga ternyata kita bisa sport darma," ujarnya.

Saat berada di Panti Wreda Rindang Asih II, Ganjar sempat berbincang-bincang dan berfoto bersama dengan para lansia yang rata-rata berusia di atas 60 tahun itu.

Sebelum meninggalkan panti wreda yang berada di bawah naungan Yayasan Sosial Soegijapranata Keuskupan Agung Semarang itu, Ganjar beserta rombongan berkesempatan mendengarkan sebuah lagu yang dinyanyikan salah seorang lansia penghuni panti wreda.

Sebelumnya, Ganjar mengatakan bahwa pemerintah dan masyarakat berkewajiban membahagiakan para lansia sehingga yang bersangkutan dapat menikmati masa senjanya dengan penuh kasih sayang.

"Kita harus peduli, tidak hanya peduli perempuan dan anak, tapi juga peduli kepada para lansia," katanya.

Pewarta: Wisnu Adhi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016