Jakarta (ANTARA News) - Tim Nasional sepak bola Amerika Serikat (AS) akhirnya melenggang ke perempat final Copa America Centenario setelah membungkam perlawanan Paraguay dengan skor 1-0 pada laga yang digelar di Stadion Financial Field Philadelphia, Pennsylvania, Minggu pagi WIB.

Clint Dempsey dan kawan-kawan memastikan tiket perempat final bersama Kolombia karena sama-sama memperoleh enam poin pada tabel klasemen, atau sudah tidak bisa dikejar oleh Kosta Rika yang cuma memiliki satu poin.

Hasil ini juga memastikan Kosta Rika dan Paraguay tersingkir dari Copa America Centenario.

Amerika Serikat lolos ke perempat final dengan bersusah payah karena pasukan Jurgen Klinsman ini harus bertahan dengan 10 pemain sejak awal babak kedua.

Pada jalannya laga, Amerika Serikat mengungguli Paraguay 1-0 pada menit 27 lewat sontekan Clint Dempsey yang meneruskan umpan tajam Gyasi Zardes dari sayap kiri.

Paraguay yang juga memburu kemenangan melakukan pergantian taktik dengan memasukan Manuel Iturbe menggantikan Cornelio Balbuena pada awal babak kedua.

Sebaliknya, Amerika Serikat kehilangan satu pemain ketika De Andre Yedlin diusir wasit Julio Bascunan asal Cile akibat melakukan dua pelanggaran pada menit 47 terhadap Miguel Almiron dan menjatuhkan Samudio pada menit 48.

Klinsmann langsung memasukan Orozco sebagai pemain bertahan dan menarik keluar pencetak gol Clint Dempsey.

Unggul jumlah pemain itu dimanfaatkan Paraguay untuk melancarkan serangan dari sektor tengah. Pada menit 55 Gonzales menembakkan bola ke gawang Brad Guzan, beruntung arah bola tidak akurat.

Di tengah upaya Paraguay menguasai pertandingan, pemain AS Bobby Wood mencuri serangan balik kemudian melepaskan umpan kepada Zardes, sayang peluang tidak dimaksimalkan menjadi gol.

Brad Guzan melakukan penyelamatan apik dengan memblokir tendangan Almiron yang sudah berdiri bebas pada menit 83.

Kendati wasit memberikan enam menit tambahan waktu namun Paraguay belum juga mencetak gol sehingga skor 1-0 untuk kemenangan AS bertahan hingga laga usai.

Situs Copa America mencatat Paraguay sangat mendominasi pertandingan terlihat dari 16 kali tendangan ke gawang dan penguasaan bola mencapai 60 persen. Namun Amerika bermain lebih efektif, menghasilkan satu gol dari delapan tembakan.

Susunan pemain kedua tim dilansir dari situs Copa America 2016:

AS (4-3-3):
Guzan; Yedlin, Cameron, Brooks, Johnson; Bedoya (Zusi), Bradley, Jones; Zardes, Dempsey (Orozco), Wood

Paraguay (4-4-2): Villar; Balbuena (Iturbe), Gomez, Da Silva, Gomez, Samudio; Gonzalez, Ayala (Benitez), Ortiz (Rodrigo Rojas), Almiron; Sanabria, Lezcano.

Penerjemah: Alviansyah Pasaribu
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016