Jakarta (ANTARA News) - Ratusan warga Makassar menghabiskan waktu menunggu buka puasa atau ngabuburit di atas Kapal Republik Indonesia (KRI) Dewaruci yang sedang bersandar di Dernaga Layang, Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut VI Makassar.

Melalui siaran pers dari Dinas Penerangan Komando Armada RI Kawasan Timur yang diterima di Jakarta, Senin, Komandan KRI Dewaruci Letkol Laut (P) Widyatmoko Baruno Aji mengatakan kegiatan pada Minggu (12/6) tersebut dapat menambah wawasan pengunjung tentang kapal-kapal TNI Angkatan Laut.

Pengunjung juga dapat mengenal lebih dekat KRI Dewaruci yang dibuat pada 1952 oleh H.C. Stulcken & Sohn Hamburg, Jerman Barat, dan diluncurkan pada 24 Januari 1953 itu.

Di atas kapal, tampak antusias warga Makassar yang kebanyakan remaja melakukan foto-foto bersama kadet Akademi Angkatan Laut (AAL).

Kehadiran KRI Dewaruci di Makkasar merupakan rangkaian latihan praktik pelayaran navigasi astronomi yang dijalani 40 kadet AAL Korps Pelaut Tingkat II Angkatan 63.

Para kadet menjalani pelatihan dengan mengarungi Laut Jawa dengan rute Surabaya-Kotabaru-Makassar-Surabaya yang ditempuh selama 10 hari.

Pewarta: Dewanto Samodro
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2016