Persipura kalahkan Barito Putera 5-4

Persipura kalahkan Barito Putera 5-4

Ekspresi pesepak bola Persipura, Ferinando Pahabol (kanan) saat mencetak gol ke gawang Barito Putra dalam lanjutan kompetisi Torabika Soccer Championship (TSC) 2016 di stadiun Mandala Jayapura, Papua, Senin (13/6/2016). Persipura Jayapura berhasil tundukkan Barito Putra Kalimantan Selatan dengan skor 5-4. (ANTARA FOTO/Indrayadi TH)

Jayapura (ANTARA News) - Tuan rumah Persipura Jayapura berhasil kalahkan tamunya Barito Putera dengan skor akhir 5-4 dalam lanjutan Torabika Soccer Championship (TSC) di Stadion Mandala, Kota Jayapura, Papua, Senin malam.

Pada babak pertama, tuan rumah Persipura Jayapura tertinggal 1-3 dari tamunya Barito Putera.

Empat gol yang tercipta, masing-masing dilesakkan oleh Yustinus Pae dimenit ke-4 memanfaatkan umpan dari Fery Pahabol.

Tiga gol, lainnya dicetak oleh tim tamu berjuluk Laskar Antasari lewat kaki Luis Carlos menit 10 dan 33, serta Rizky Pora dimenit 21.

Kedua tim di babak ini, langsung jual beli serangan, namun lebih unggul tim tamu yang dibesut oleh pelatih Mundari Karya dengan skuad sebagian besar adalah pemain muda yang energik.

Sementara, tim tuan rumah yang tidak diperkuat oleh Ricardo Salampessy, Ruben Sanadi, Imanuel Wanggai dan Ian Louis Kabes, serangannya selalu kandas di kaki M Robby dan kawan-kawan dipertahanan Barito Putera.

Di babak kedua, pelatih Mutiara Hitam julukan Persipura Jayapura, Jafri Sastra menarik Thiago dan memasukkan Lukas Mandowen guna menambah daya gedor di lini depan dan mengejar margin gol.

Pergantian itu terbukti manjur, karena mereka mampu menciptakan sejumlah peluang yang mengancam gawang Barito Putera yang dikawal oleh kiper Aditya Harlan.

Sang kapten tim Mutiata Hitam, Boas TE Salossa membuktikan bahwa dirinya masih termasuk bomber haus gol dengan merobek jala gawang lawan pada menit 51.

Skor 2-3, langsung mengangkat mental tim tuan rumah. Selang sembilan menit kemudian, mantan pemain terbaik Indonesia itu kembali mencetak gol sekaligus menyamakan kedudukan 3-3.

Tim tamu tidak tinggal diam, melalui striker Luis Carlos melengkapi hatrick di malam ini dengan gol dimenit ke 62, sehingga tim tamu kembali ungguli tuan rumah dengan skor sementara 3-4.

Tak mau ketertinggalan, tuan rumah kembali menyamakan kedudukan lewat penyerang mungil yang lincah, Fery Pahabol di menit 68.

Pada menit 87, mantan pemain Persidafon Dafonsoro itu kembali membuat gemuruh Stadion Mandala Jayapura yang disaksikan sekitar 5.880 pasang mata lewat gol indah yang dibuatnya setelah memanfaatkan umpan cantik yang dilepaskan oleh Lukas Mandowen didalam kotak penalti lawan.

Skor 5-4 untuk keunggulan tim tuan rumah ini tidak berubah hingga empat menit pertambahan waktu normal yang diberikan oleh wasit Jumadi Efendi asal Malang, Jawa Timur

Kemenangan Boas TE Solossa dan kawan-kawan atas tamunya Barito Putera dengan skor 5-4, menjawab permintaan dari Ketua Umum Persipura Benhur Tommy Mano yang menginginkan timnya bisa memperbaiki peringkat di klasemen sementara TSC.

Kini Persipura mengemas 11 poin dari enam kali laga, tiga kali menang, dua kali seri dan sekali kalah. Tim kebanggaan warga Kota Jayapura itu dipastikan akan nangkring di posisi ketiga TSC.

Pewarta: Alfian Rumagit
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2016

Persipura bagikan 2.000 bunga

Komentar