Televisi adalah sebuah media telekomunikasi yang berfungsi sebagai penerima siaran gambar bergerak dan suara, entah itu yang monokrom atau hitam putih maupun berwarna.

Di zaman modern seperti sekarangini, dapat dipastikan hampir semua rumah mempunyai televisi atau TV.

Sekarang ini televisi sudah menjadi kebutuhan penting bagi semua orang sebagai sarana hiburan dan informasi.

Televisi sendiri terdiri dari bermacam jenis. Setiap jenisnya mempunyai kelebihan dan kekurangan yang berbeda. 

Dalam memilih televisi tidak boleh sembarang pilih. Sebelum memutuskan membeli TV untuk melengkapi tampilan rumah, ada beberapa faktor yang mesti dipertimbangkan secara cermat. Berikut ulasannya.

Harga tv
Hal yang satu ini merupakan pertimbangan nomor satu bagi banyak orang dalam membeli sesuatu. Harga tv murah tidak menjamin mempunyai kualitas yang baik, begitu pula dengan sebaliknya, harga tv murah belum tentu tidak berkualitas. Sebaiknya belilah televisi di tempat terpercaya, seperti di Ralali.com. Di ralali.com jual tv murah dan berkualitas. 

Di sana tersedia beragam televisi dengan pilihan jenis dan merk yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Ukuran dan Jarak
Radiasi yang dipancarkan televisi sangat tidak baik untuk kesehatan mata. Pilihlah televisi dengan ukuran yang tepat, jangan sampai anggota keluarga mengalami sakit mata hanya dikarenakan menonton televisi. 

Sesuaikan ukuran televisi dengan jarak menonton televisi. Jarak pandang yang ideal untuk menonton televisi sekitar 6 kali panjang diagonal televisi. Misalnya, ingin membeli televisi 24 inci, maka jarak idealnya sekitar 3,6 meter. Apabila jarak menonton televisi di dalam ruangan kurang dari ukuran tersebut, maka pilihlah televisi dengan ukuran yang lebih kecil. 

Response Time
Televisi biasanya menggunakan ukuran milidetik guna melihat kualitas gambarnya. Semakin tinggi kecepatan responsnya, maka semakin bagus pula gambar yang dihasilkan, gambar tanpa putus, atau pun buram. 

Resolusi
Resolusi layar pun mempengaruhi kualitas gambar yang dihasilkan. Semakin tinggi resolusinya, maka gambar yang dihasilkan semakin bagus.
Tidak seperti dahulu, sekarang ini rata-rata televisi berukuran layar 22 hingga 27 inci mempunyai resolusi 1920 x 1080 piksel, sehingga kita bisa menonton dengan kualitas tinggi. 

Konektivitas
Sekarang ini televisi tidak hanya digunakan untuk menonton saja, namun juga bisa digunakan untuk bermain Games, dijadikan sebagai monitor komputer, melakukan video chat dan juga bisa menjadi Smart TV. Maka dari itu, sebelum membelinya perhatikanlah konektivitas dan apa saja fitur yang dimiliki TV tersebut.

Meskipun kualitas gambar adalah hal utama dalam memilih televisi, namun faktor desain pun mempunyai peran yang tidak kalah penting.

Pilihlah televisi yang bisa terintegrasi dengan interior ruangan tempat televisi tersebut akan ditempatkan. Jangan sampai hanya karena televisi, ruangan Anda terlihat tidak menarik.

ADVERTORIAL

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016