Jakarta (ANTARA News) - Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengaku tertarik dan ingin mengikuti kegiatan lomba lari jalan raya "Milo Jakarta International 10K" yang akan diselenggarakan pada 24 Juli 2016.

"Saya bersama istri dan anak saya mau ikut lomba lari ini. Tapi bukan yang 10 kilometer, yang kategori keluarga, yang jaraknya hanya 1,6 kilometer," kata Djarot dalam konferensi pers "Milo Jakarta International 10K" di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis.

Dalam konferensi pers tersebut, Djarot pun berkesempatan untuk mendaftarkan diri melalui situs www.milo.co.id. Djarot mendaftar untuk lomba lari keluarga, yaitu "Champ Squad Run" yang diperuntukkan bagi anak beserta orang tuanya dengan jarak 1,6 kilometer.

Menurut mantan Wali Kota Blitar itu, pelaksanaan kegiatan lomba lari tersebut merupakan salah satu cara agar seluruh masyarakat ibukota memiliki gaya hidup yang sehat melalui olahraga.

"Apalagi jaman sekarang, dengan semakin majunya teknologi informasi, semua jadi makin sibuk dengan gadget, lupa olah raga. Makanya, melalui kegiatan ini, kami ingin mendorong supaya masyarakat banyak gerak, tidak lupa olah raga," ujar Djarot.

Lebih lanjut, dia juga meminta kepada Nestle Milo sebagai sponsor utama lomba lari tersebut agar mengembangkan kegiatan olah raga lainnya, yakni bulu tangkis, atletik, renang, sepak bola dan lain-lain.

"Kami berharap Nestle Milo bukan hanya menyelenggarakan lomba lari Milo Jakarta International 10K, tapi juga kembangkan cabang olah raga lain. Dengan begitu, kita bisa sama-sama membangun badan dan jiwa yang sehat melalui olah raga," tutur Djarot.

Kegiatan "Milo Jakarta International 10K" akan digelar pada 24 Juli 2016 sebagai bagian dari rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-489 DKI Jakarta dan akan diikuti oleh sebanyak 15.000 pelari, baik dari dalam maupun luar negeri.

Terdapat tiga kategori dalam lomba lari tersebut, yaitu open, closed dan pelajar. Kategori open terbuka untuk WNI maupun WNA usia minimal 17 tahun. Kategori closed diperuntukkan bagi WNI usia minimal 17 tahun. Sedangkan kategori pelajar terbuka untuk seluruh siswa SMP dan SMA yang memiliki kartu pelajar.

Pendaftaran sudah dibuka mulai 16 Juni hingga 15 Juli 2016 atau saat peserta sudah mencapai 15.000 orang melalui situs www.milo.co.id tanpa pungutan biaya. Sebanyak 2.000 peserta pertama yang mencapai garis finish akan mendapatkan medali penamat atau finisher medal.

Seluruh peserta akan mendapatkan race pack yang terdiri dari timing chip, race jersey dan akses untuk update langsung foto-foto saat berlomba melalui akun sosial masing-masing peserta.

Tahun ini, para peserta akan melewati rute yang dimulai dari Jalan Epicentrum (Kuningan), kemudian menyusuri Jalan HR Rasuna Said dan berputar kembali hingga Jalan HOS Cokroaminoto, lalu menuju Jalan Latuharhari, Jalan Dr. Kusuma Atmaja, kemudian kembali ke Jalan HOS Cokroaminoto dan Jalan HR Rasuna Said, lalu berhenti di garis finish di Jalan Epicentrum Utama Raya.

Pewarta: Cornea K
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016