Jakarta (ANTARA News) - Tim Nasional Amerika Serikat (AS) mengalahkan Ekuador dengan skor tipis 2-1 dalam laga perempat final Copa America Centenario di CenturyLink Field, Seattle, Washington, Jumat WIB, untuk menuju ke babak semifinal.

Di semifinal, tim nasional Amerika Serikat akan menghadapi pemenang laga Argentina melawan Venezuela.

Tim AS membuka kemenangan pada menit ke-22, saat Clint Dempsey mencetak gol lewat sundulannya setelah menyambut umpan silang Jermaine Jones dari sisi kanan pertahanan Ekuador.

AS nyaris mencetak gol kedua pada menit ke-42 kalau kiper Alexander Dominguez tak sigap menahan sepakan keras Alejandro Bedoya dari dalam kotak penalti setelah mendapat operan Clint Dempsey.

Pada babak kedua, Ekuador langsung menggempur pertahanan AS. Serangan antara lain datang dari Enner Valencia, yang menyundul operan dari dalam kotak penalti tetapi gagal menyarangkan bola ke gawang.

Kedua tim harus bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-50. Pemain Ekuador Antonio Valencia mendapatkan kartu kuning kedua setelah dengan sengaja menekel Bedoya.

Dan pemain AS Jermaine Jones mendapat kartu merah setelah menampar Michael Arroyo dalam keributan akibat pelanggaran Valencia.

Amerika Serikat menggandakan keunggulan pada menit ke-55 melalui gol Gyasi Zardes, yang sukses meneruskan umpan silang Clint Dempsey dari dalam kotak penalti dan mencetak gol.

Ekuador mengejar pada menit ke-73 berkat sepakan keras Michael Arroyo dari tepi kotak penalti yang langsung menghujam gawang AS.

Ekuador terus berusaha menggempur. Kali ini giliran Enner Valencia yang melakukan sundulan keras dari dalam kotak penalti namun bola sundulannya melenceng dari sasarannya.

Hingga pertandingan berakhir, tak ada tambahan gol tercipta. 2-1 untuk kemenangan Amerika Serikat.

Susunan pemain:

Amerika Serikat: Brad Guzan, Fabian Johnson, Geoff Cameron, John Brooks, Matt Besler, Alejandro Bedoya (Graham Zusi), Michael Bradley, Jermaine Jones, Gyasi Zardes, Clint Dempsey (Kyle Beckerman), Bobby Wood

Ekuador: Alexander Dominguez, Juan Paredes (Cristian Ramirez), Arturo Mina, Frickson Erazo, Walter Ayovi, Carlos Gruezo (Cristian Ramirez), Christian Noboa (Fernando Gaibor), Antonio Valencia, Michael Arroyo, Jefferson Montero, Enner Valencia



Pewarta: Try Reza Essra
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2016