Jakarta (ANTARA News) - Penyerang tim nasional Belgia, Romelu Lukaku, membungkam kritik yang belakangan menderanya dengan mencetak dwigol sekaligus mengantarkan negaranya menang 3-0 atas Irlandia dalam laga penyisihan Grup E Piala Eropa 2016 di Stadion Matmut Atlantique, Bordeaux, Prancis, Sabtu.

Sebelumnya Lukaku dikritik karena tampil tak optimal saat timnya ditaklukkan Italia 0-2 di laga pembuka dan sisa-sisa penampilan tersebut masih terasa hingga 45 menit pertama laga melawan Irlandia.

Namun usai turun minum Lukaku mencetak gol pembuka Belgia tiga menit memasuki babak kedua dan ia memastikan mengemas dwigol pada menit 70.

"Saya tahu saya memiliki musim yang baik, persiapan yang baik dan sangat tenang; demiian juga seluruh tim. Kami melakukan pertemuan tim dua hari lalu, semua orang bisa mengungkapkan pendapat dan ya, kami bermain sangat baik hari ini," kata Lukaku selepas laga sebagaimana dilansir laman resmi UEFA.

Ketimbang berbicara banyak tentang pencapaiannya, Lukaku memilih untuk memuji penampilan Pasukan Setan Merah di laga tersebut.

"Tim bereaksi dengan baik. Kami melakukan yang seharusnya, memainkan sepak bola yang baik dan tetap menjaga gawang dari kebobolan. Itu yang kami lakukan, sekarang mari menyongsong laga selanjutnya," ujarnya.

Sementara itu pelatih timnas Belgia, Marc Wilmots, mengatakan Lukaku hanya membutuhkan sedikit suntikan kepercayaan diri.

"Untuk Lukaku, kami ingin memberikan dia sedikit kepercayaan diri. Saya pikir ia mencetak empat gol dalam empat pertandingan, namun saat ia gagal mencetak gol melawan Italia semua orang berkata berbeda," kata Wilmots.

"Saya hanya perlu menjelaskan sesuatu kepadanya bahwa saya mempercayainya. Ia melakukan apa yang saya harapkan hari ini," ujarnya menambahkan.

(baca juga: Belgia benamkan Irlandia 3-0) http://www.antaranews.com/berita/568270/euro-2016--belgia-benamkan-irlandia-3-0

Kemenangan atas Irlandia mengangkat Belgia ke peringkat kedua dan hanya membutuhkan hasil imbang di laga pamungkas penyisihan grup kontra Swedia yang akan berlangsung pada Kamis (23/6) dini hari WIB di Stadion Allianz Riviera, Nice.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016