counter

Euro 2016 - Gol bunuh diri Islandia buat Hungaria di ambang 16 Besar

Euro 2016 - Gol bunuh diri Islandia buat Hungaria di ambang 16 Besar

Para pendukung tim nasional Hongaria dalam laga penyisihan Grup F Piala Eropa 2016 melawan Islandia yang berakhir imbang 1-1 di Stadion Velodrome, Marseille, Prancis, Sabtu (18/6/2016). (AFP PHOTO / Attila KISBENEDEK)

Marseille, Prancis (ANTARA News) - Islandia tinggal dua menit lagi untuk mencatatkan kemenangan bersejarah pada penampilan pertamanya dalam turnamen besar Sabtu malam tadi di Stadion Velodrome, Marseille, Prancis, namun Birkir Saevarsson memupus impian itu dengan gol bunuh diri yang membuat Hungaria menahan seri Islandia 1-1 sehingga persaingan di Grup F Euro 2016 menjadi terbuka lebar.

Islandia memimpin lebih dulu berkat tendangan penalti Gylfi Sigurdsson enam menit sebelum babak pertama berakhir setelah Tamas Kadar menjatuhkan Aaron Gunnarsson menyusul kemelut di depan gawang Hungaria.

Hungaria mendominasi penguasaan bola namun jarang menciptakan ancaman sampai Nemanja Nikolic mengirimkan umpan pelan dari kanan yang berusaha dihalau bek sayap Saevarsson namun malah masuk gawang sendiri pada menit 88.

Hungaria yang mengalahkan Austria pada laga pembuka memuncaki klasemen grup ini dengan empat poin, sedangkan Islandia yang menahan seri Portugal 1-1 pada laga pembukanya mengumpulan dua poin. Portugal segera bertemu Austria Minggu dini hari ini.

Gol bunuh diri dari Birkir Saevarsson pada menit 87 menggagalkan keunggulan yang sempat dimiliki timnya lewat eksekusi penalti Gylfi Sigurdsson pada menit 39.

Hungaria tampil dominan menghadapi dengan statistik Opta mencatat tim asuhan Bernds Storck itu menguasai 71 persen pengendalian bola sepanjang laga. Sayang, lini depan mereka tak terlalu tajam karena hanya menemui sasaran sebanyak empat kali dari 12 percobaan tembakan.

Bahkan pada babak pertama Hungaria tak sekalipun melepaskan tembakan tepat sasaran yang berhasil dimanfaatkan baik dengan Islandia yang bertumpu pada serangan balik.

Pada menit 38 wasit Sergey Karasev mengeluarkan keputusan kontroversial memberikan penalti untuk Islandia atas pelanggaran di dalam kotak penalti menyusul sepak pojok.

Gelandang Swansea, Sigurdsson, sukses mengelabui penjaga gawang Gabor Kiraly demi membawa timnya unggul 1-0 atas Hungaria saat turun minum.

Selepas turun minum, Islandia tetap bersikap menunggu datangnya bola dan bermain bertahan menangkal berbagai serangan Hungaria.

Pada menit 65, Hungaria mengirimkan Nemanja Nikolics masuk menggantikan Zoltan Stieber, keputusan yang di pengujung laga kemudian berbuah manis.

Serangan demi serangan tak kunjung menghasilkan gol bagi Hungaria dan Islandia sepertinya di ambang memperoleh tiga poin pertama mereka, namun lewat serangan Nikolics yang bekerja sama satu dua sentuhan dengan dua rekannya menusuk dari sisi kanan ke dalam kotak penalti dan melepaskan umpan kepada Balazs Dzsudzsak di sisi tiang jauh.

Bola berhasil dihalau Saevarsson, namun naas bagi bek Hammarby IF itu bola justru mengarah ke dalam gawang sendiri mengubah kedudukan menjadi imbang 1-1.

Waktu tambahan empat menit tak mengubah kedudukan, meski pada menit terakhir Islandia memperoleh tendangan bebas tepat di tepian garis kotak penalti, eksekusi Sigurdsson membentur pagar hidup sementara Eidur Gudjohnsen yang berusaha menyambar bola muntah juga berhasil dihalau oleh pertahanan Hongaria.

Berikut susunan pemain kedua tim seturut laman resmi UEFA.

Islandia (4-4-2): Hannes Thor Halldorsson (PG); Birkir Saevarsson, Ragnar Sigurdsson, Kari Arnason, Ari Freyr Skulason; Johan Berg Gudmundsson, Gylfi Sigurdsson, Aron Gunnarsson (Emil Hallfredsson), Birkir Bjarnason; Kolbein Sigthorsson (Eidur Gudjohnsen), Jon Dadi Boedvarsson (Alfred Finnbogason)
Pelatih: Heimir Hallgrimsson & Lars Lagerback

Hongaria (4-3-3): Gabor Kiraly (PG); Adam Lang, Richard Guzmics, Roland Juhasz (Adam Szalai), Tamas Kadar; Laszlo Kleinheisler, Zoltan Gera, Adam Nagy; Zoltan Stieber (Nemanja Nikolics), Tamas Priskin (Daniel Boede), Balazs Dzsudzsak
Pelatih: Bernd Storck

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2016

Timnas Islandia Bersiap Hadapi Indonesia Selection

Komentar