Bandung (ANTARA News) - Wakil Presiden (Wapres) RI M Jusuf Kalla mengajak jamaah Masjid Salman Institut Teknologi Bandung (ITB) yang hadir pada "talkshow" Inspirasi Ramadhan (IRAMA) bertema "Arti Kepemimpinan Sejati untuk Rahmat Semesta Alam", untuk berinovasi agar bisa mencapai sukses dalam hidup.

"Makanya saya apresiasi dan mendukung ITB yang berpikir keilmuan, tapi juga menuju bagaimana ke bisnis. Sering orang bilang usaha itu ekonomi, gunakan ilmu kita dalam pergaulan," kata Jusuf Kalla di Masjid Salman ITB Kota Bandung, Minggu.

Ia menuturkan bagaimana pun juga pendidikan adalah salah satu penyokong penting dalam hidup seseorang sehingga dirinya mengingatkan soal pentingnya pendidikan formal karena pengalaman pendidikan bisa membawa seseorang meraih kesuksesan.

"Kita semua tahu bahwa orang enggak tamat sekolah saja banyak yang sukses, apalagi yang tamat. Contohnya ialah pendiri Facebook yang tidak sekolah atau berhenti kuliah di Harvard, namun bisa sukses," ujarnya.

Menurut dia hal penunjang lainnya yang bisa membuat orang menjadi sukses ialah berinovasi, terlebih saat ini orang sangat mudah memperoleh dan mengasah kemampuannya melalui ragam kecanggihan teknologi.

"Gempuran teknologi begitu pesat maka kita harus inovatif. Selain itu semangat untuk maju. Penting itu ya semangat. Melihat bisnis sekarang tidak bisa dilepaskan atau menghindari dari teknologi sehingga saat ini keduanya saling berhubungan," kata dia.

Dalam kegiatan Wapres tersebut, juga dihadiri oleh Menteri Pendayagunaan Apartur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi, Kepala Bappenas Sofyan Djalil dan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan.

Usai mengisi acara tersebut, Wapres dan rombongan melaksanakan Shalat Ashar di Masjid Salman ITB.

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016