Pati (ANTARA News) - Sebanyak 12.450 guru Taman Pendidikan Alquran dan Madrasah Diniyah serta lembaga pendidikan keagamaan lain di Kabupaten Pati, Jawa Tengah, menerima tunjangan kesejahteraan dari Pemerintah Kabupaten Pati.

"Masing-masing guru mendapat tunjangan sebesar Rp400 ribu," kata Bupati Pati Haryanto saat penyerahan tunjangan kesejahteraan secara simbolis di Masjid Al Ilham Desa Bakalan, Kecamatan Dukuhseti, Pati, Senin.

Menurut Haryanto, bantuan tersebut merupakan wujud apresiasi Pemkab Pati terhadap pengabdian para guru TPQ, Madin, sekolah minggu dan agama Buddha yang selama ini telah mengabdi untuk mendidik anak-anak di bidang agama.

Ia berharap bantuan tersebut bisa memotivasi para guru untuk lebih bersemangat dalam membimbing anak didiknya.

"Pemkab Pati selalu berupaya memberikan yang terbaik, termasuk besarnya bantuan setiap tahun mengalami kenaikan," ujarnya.

Pada 2014, kata dia, nilai bantuannya hanya Rp250 ribu, kemudian meningkat menjadi Rp300 ribu pada 2015 dan tahun ini naik menjadi Rp400 ribu.

Upaya serupa, kata dia, tentunya juga akan diperjuangkan pada tahun-tahun mendatang demi terwujudnya pendidikan keagamaan yang berkualitas.

Kepala Dinas Pendidikan Pati Sarpan menambahkan, total bantuan kesejahteran terhadap guru TPQ, Madin dan lembaga pendidika lainnya sebesar Rp4,98 miliar.

Anggaran sebesar itu, kata dia, berasal dari anggaran Dinas Pendidikan tahun 2016.

Selama Ramadhan ini, kata dia, Pemkab Pati telah membagikan bantuan di masing-masing eks-kawedanan, termasuk eks-Kawedanan Juwana yang dibagikan di masjid Baitussalam Trimulyo Juwana hari ini (20/6).

Pewarta: Akhmad NL
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016