Jakarta (ANTARA News) - Polandia akan mengandalkan striker Robert Lewandowski demi mengantarkan mereka ke 16 Besar saat melawan Ukraina di Marseille Selasa malam nanti.

Tim asuhan Adam Nawalka ini menundukkan Irlandia Utara pada laga pertamanya sebelum menahan seri 0-0 juara dunia Jerman di Stade de France pada laga kedua.

Lewandowski gagal menciptakan gol dalam dua pertandingan itu, namun dia bertekad mencetaknya saat melawan Ukraina.

Polandia sendiri hanya perlu seri melawan Ukraina untuk menjadi runner up Grup C, namun akan menjadi juara grup jika menang dan Jerman gagal mengalahkan Irlandia Utara.

Ukraina tampil buruk pada Euro 2016 dengan kalah pada dua laga sebelumnya tanpa mencetak satu pun gol. Mereka kalah masing-masing 0-2 dari dua lawannya di Grup C.

Pertandingan melawan Polandia adalah pertemuan pertama kedua tim dalam sebuah turnamen besar.

Kabar tim

Penjaga gawang Polandia Wojciech Szczesny berjuang untuk pulih setelah pahanya memar sewaktu melawan Irlandia Utara.

Polandia memiliki lima pemain yang sudah terkena kartu kuning, yakni Kamil Grosicki, Bartosz Kapustka, Krzysztof Maczynski, Slawomir Peszko dan Lukasz Piszczek, sehingga harus berhati-hati untuk jangan sampai mendapat kartu kuning kedua.

Ukraina sudah tersisih dan akan bermain hanya demi gengsi. Pelatih Mykhaylo Fomenko akan mengubah starting XI dengan memberi para pemain pengalaman bertanding sebelum pulang kampung.

Statistik


Ukraina dan Polandia sudah tujuh kali bertemu di mana Ukraina menang tiga kali dan Polandia menang dua kali.

Ukraina tak terkalahkan pada lima pertandingan terakhir antara kedua negara (menang tiga kali, seri dua kali), dengan memenangkan dua yang terakhir. Kemenangan terakhir Polandia terjadi pada September 2000 ketika mereka menang 3-1 di Kiev pada kualifikasi Piala Dunia.

Hanya sekali pada lima laga terakhir kedua negara di mana salah satu tim bisa mencetak lebih dari satu gol (Polandia 1-3 Ukraina, Maret 2013); sedangkan pada empat laga lainnya hanya tercipta total enam gol.

Sejak memenangkan pertandingan pertama mereka pada putaran final Euro 2012 (2-1 melawan Swedia), Ukraina kalah pada empat laga terakhirnya dalam turnamen ini tanpa sekali pun mencetak gol (kemasukkan tujuh gol). Ukraina gagal menciptakan gol pada empat laga terakhirnya dalam turnamen Piala Eropa.

Polandia tidak pernah mencetak gol lebih dari satu gol pada Piala Eropa (delapan pertandingan). Tembakan mengenai sasaran mereka pada turnamen tahun ini terjadi pada menit 98 dalam laga pembuka melawan Irlandia Utara.

Polandia bisa mencapai babak knockout Piala Eropa untuk pertama kali setelah dua kesempatan (2008, 2012), demikian Sky Sports.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016