Menpora kukuhkan kontingen Olimpiade Indonesia

Menpora kukuhkan kontingen Olimpiade Indonesia

Menpora Imam Nahrawi (kedua kanan) memberikan motivasi kepada lifter ketika meninjau pelatnas angkat besi di Kawasan Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Selasa (21/6/2016). Kunjungan menpora itu untuk melihat persiapan dan memberikan motivasi kepada atlet angkat besi yang akan berlaga di Olimpade Rio mendatang. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Jakarta (ANTARA News) - Menpora Imam Nahrawi mengukuhkan kontingen olahraga Indonesia untuk Olimpiade Rio de Janeiro 2016, dalam upacara di Gedung Kemenpora Jakarta, Selasa.

Dalam acara pengukuhan yang dihadiri para atlet dan pejabat olahraga nasional tersebut, Menpora menyerahkan bendera Merah Putih kepada Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Erick Tohir.

Kemudian Erick Tohir menyerahkan bendera Merah Putih kepada ketua kontingen Olimpiade Indonesia Raja Sapta Oktohari.

Atlet lompat jauh Maria Londa dan lifter Tri Yuli Irawan mewakili rekan-rekannya membacakan janji atlet.

"Marilah kita kokohkan cita-cita kita untuk mengibarkan Merah Putih di Olimpiade," kata Menpora dalam sambutannya.

Menpora mengakui para atlet dan pelatih sudah banyak berkorban untuk bangsa, baik waktu, tenaga maupun biaya.

"Penghargaan dari pemerintah mungkin belum sebanding dengan pengorbanan anda," kata Menpora.

Namun Menpora berjanji bahwa Pemerintah akan tetap memperhatikan perjuangan atlet dan masa depannya setelah tidak lagi aktif. Di antaranya dengan diluncurkannya "Program Penghargaan Masa Tua" oleh Kemenpora.

Hingga saat ini sudah 26 atlet yang akan tampil di Olimpiade 2016.

Cabang bulu tangkis meloloskan 10 atlet, panahan (4), angkat besi (7), dayung (2), balap sepeda (1), atletik (1) dan satu atlet renang dari wild card.

Pada cabang bulu tangkis terdiri atas tunggal putra Tommy Sugiarto, tunggal putri Linda Wenifanetri, ganda putra Hendra Setiawan/Muhammad Ahsan, ganda putri Greysia Polii/Nitya Khrishinda, serta dua ganda campuran Tontowi Ahmad/Lilyana Natsir dan Praveen Jordan/Deby Susanto.

Pada cabang panahan terdiri atas Riau Ega (recurve perorangan dan beregu putra), Hanif dan Hendra (recurve beregu putra), dan Ika Yuliana Rochmawati (recurve perorangan putri).

Angkat besi akan mengirim Eko Yuli Irawan dan M. Hasbi (62 kg putra), Triyatno dan Deni (69 kg putra), Sri Wahyuni (48 kg putri), Dewi Safitri (53 kg putri), dan masih ada satu slot lagi untuk kelas 77 kg putra.

Cabang balap sepeda Indonesia sudah memastikan mengirim atlet BMX Tony Syarifuddin, cabang dayung La Memo dan Dewi Yulianti, sedangkan atletik diwakili Maria Londa.

Pewarta: Teguh Handoko
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2016

Menpora persiapkan Timnas berprestasi di FIBA 2023

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar