Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden HM Jusuf Kalla menggelar acara buka puasa bersama dengan pengurus pusat Dewan Masjid Indonesia (DMI) dan Palang Merah Indonesia (PMI) di Istana Wakil Presiden Jakarta Pusat, Selasa.

Acara buka puasa bersama tersebut turut dihadiri oleh Ketua Harian PMI Pusat Ginandjar Kartasasmita dan mantan Wakil Kapolri Komjen (Purn) Nanan Soekarna.

"Saya ingin berterimakasih karena selama ini akibat kesibukan saya di pemerintahan, teman-teman di DMI dan PMI telah bekerja dengan sebaik-baiknya," kata Wapres dalam sambutannya.

Wapres Kalla mengatakan selama bulan suci Ramadhan, tugas kedua lembaga tersebut sangat bertolak belakang.

DMI memiliki peran penting selama bulan puasa karena kegiatan ibadah mengalami peningkatan, sehingga Dewan perlu memastikan kondisi masjid di Indonesia tidak mengalami kendala.

"Kalau teman-teman di PMI selama ini tenang-tenang saja, namun bencana juga ada di bulan puasa, seperti di Jawa Tengah. Jadi tentu kita (PMI) juga mempunyai kesibukan-kesibukan," jelasnya.

Kegiatan kemanusiaan dan keagamaan yang dilakukan PMI dan DMI tersebut, kata Wapres selaku Ketua Umum, merupakan amalan ibadah yang baik.

"Mudah-mudahan pada bulan suci Ramadhan kali ini, kita selalu diberikan manfaat untuk mendapatkan hikmah dan melaksanakan kegiatan yang diberikan rahmat, dengan doa bahwa negeri ini dalam keadaan aman dan masjid tetap punya kegiatan ibadah yang baik," ujarnya.

Pewarta: Fransiska Ninditya
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016