Lyon (ANTARA News) - Apa arti bekerja efisien? Bukan mengejar dan menjalani "mentalitas adu banyak" tetapi tidak menghasilkan buah-buah karya bertuah. Contohnya, silakan mencermati penampilan Portugal yang boleh dibilang semenjana saja, alias pas-pasan.

Skuad berjuluk Selecao ini - menurut catatan statistik Opta - melepas 49 tembakan ke gawang lawan meski hanya sat gol yang dihasilkan. Jelas,  bukan performa menakjubkan.

Kini Portugal ditantang Hungaria dalam laga laga terakhir Grup G Piala Eropa yang diadakan di Parc Olympique Lyonnais, Décines-Charpieu, pada Rabu malam, pukul 11.00 WIB. Pertandingan itu akan ditayangkan secara langsung oleh RCTI.

Bekerja efisien tanpa diburu mentalitas adu banyak bukan tidak mungkin menjalar ke seluruh punggawa Portugal. Dari 49 tembakan yang dilepaskan, ternyata 19 di antaranya jauh dari target, 15 tembakan mencapai target, dan 15 lainnya diblok lawan.

Dari tembakan yang dilepaskan punggawa Portugal itu, bila dikonversi hanya mencapai 2,9 persen. Capaian ini tentu belum bisa diandalkan untuk dapat melenggang ke babak selanjutnya di Piala Eropa 2016.

Hanya saja Portugal punya megabintang Cristiano Ronaldo yang mengoleksi 364 gol dalam 348 laga ketika membela Real Madrid. Hanya saja cerita sukses ini tidak terjadi di perhelatan Piala Eropa 2016 di Prancis.

Pemain berjuluk CR7 baru melepas 20 tembakan selama berlaga di Piala Eropa 2016, dan hanya empat tembakan di antaranya tetap sasaran dan lainnya menyentuh jaring gawang lawan.

Hungaria praktis memerlukan satu poin untuk lolos ke babak 16 besar. Jika mereka keluar sebagai juara grup maka Hungaria akan menghadapi runner-up Grup E - besar kemungkinan Belgia - yang akan finis di tempat kedua yang siap menghadapi Inggris di Nice pada Sabtu pekan ini.

Hungaria menunjukkan penampilan mengesankan melawan Austria dan Islandia. Ini terpulang kepada kejelian pelatih Bernd Storck meracik strategi.   
 
Komentar dua pelatih:

* Bernd Storck (Hungaria):

"Tim mana yang mampu tampil tangguh maka mereka akan berada di berada di puncak dengan meraih empat poin. Portugal harus menang agar memastikan diri lolos ke babak kualifikasi? Saya tidak akan menurunkan tim cadangan."

"Kamu perlu terus bertahan setelah turun di dua laga sebelumnya. Kami perlu tampil lebih disiplin di lini pertahanan. Mereka mampu menekan pertahanan kami karena dihuni sejumlah pemain berkelas dunia."

"Setiap orang selalu menanyakan Cristiani Ronaldo. Ada sejumlah pemain berkelas dunia dalam tim ini, yang meraih kemenangan di Liga Champions dan banyak memberi kontribusi."

"Setiap orang dalam tim perlu menjalin kerjasama. Kami perlu tampil berani. Kami tidak perlu khawatir dan berharap mampu menampilkan gaya tersendiri. Ini bukan sebatas pemain bernomor punggung tujuh."

* Fernando Santos (Portugal):
"Saya percaya penuh kepada para pemain. Mengapa saya harus pesimistis terhadapa seluruh beban? Setiap orang yakin atas kemampuan tim."

"Kami tampil baik (ketika melawan Austria) dan setiap orang bertanya kepada kami. Ini mengusik saya. Kami telah bekerja keras, kami kompak dan punya sejumlah pemain berkualitas. Mengapa saya tidakk percaya kepada mereka?"

"Saya yakin (Cristiano Ronaldo) mampu memberi penampialn terbaik. Ia selalu memberi bukti dengan mencetak gol. Saya yakin ia tidak tertekan. Ia mampu mengambil tendangan bebas dan mengeksekusi penalti dengan gemilang."

"Saya yakin bahwa Hungaria tidak bermain defensif. Mereka pemain yang mampu bekerja keras dan tangguh. Kekuatan mereka ada dalam kebersamaan sebagai tim. Mereka piawai dalam penguasaan bola dan melakukan serangan."

Prediksi susunan pemain:

* Hungaria (4-1-4-1):

Király (penjaga gawang); Lang, Guzmics, Juhász, Kádár; Nagy, Gera; Dzsudzsák, Kleinheisler, Lovrencsics; Szalai.
Absen: Fiola
Diragukan tampil: Böde
Absen jika menerima kartu dari wasit: Kádár, Kleinheisler, Nagy, Németh

* Portugal (4-3-3):
Rui Patrício (penjaga gawang); Vieirinha, Ricardo Carvalho, Pepe, Eliseu; William Carvalho, João Moutinho, Renato Sanches; Ricardo Quaresma, Cristiano Ronaldo, Nani.
Diragukan tampil: André Gomes (cedera paha), Raphaël Guerreiro (cedera paha)
Absen jika menerima kartu dari wasit: Pepe, Quaresma
 
Data dan fakta (Opta Facts):

* Ini pertemuan yang kesebelas kali antara dua tim. Portugal mampu mengalahkan Hungaria dengan mengoleksi tujuh kemenangan dari 10 laga (tiga imbang).
* Hungaria gagal menciptakan gol masing-masing dalam tiga laga melawan Portugal dan tidak mampu melesakkan gol selama 328 menit ketika menghadapi Portugal.
* Kedua tim pernah bertemu dalam turnamen besar, Portugal mengalahkan Hungaria 3-1 di Piala Dunia 1966. Eusebio yang menjadi pencetak gol terbanyak justru gagal menyumbang gol bagi tim yang dibelanya.
* Portugal tidak terkalahkan dalam sembilan laga sebelumnya (tujuh menang dan dua imbang), tujuh di antaranya ditorehkan dengan kemenangan.
* Jika Cristiano Ronaldo tampil, maka ini laga ke-30 bagi dia membela Portugal di turnamen besar. Rekor ini melewati capaian pemain lain. Ia telah mengoleksi sembilan gol dalam 29 penampilan.     
* Laga ini akan menjadi laga ke-17 bagi Ronaldo di ajang Piala Eropa, melebihi capaian pemain lain dalam sejarah turnamen.     
* Melawan Austria, Cristiano Ronaldo gagal mengeksekusi tendangan penalti. Ini kali pertama kegagalan dia di turnamen besar dalam laga yang berlangsung dengan waktu yang normal. Ia telah empat kali gagal dari lima kali percobaab ketika memperkuat klub dan negaranya.   
    
Lima laga terakhir:
(W:menang; L:kalah; D:imbang)

* Hungaria : D W L D D

18/06/2016 Islandia 1 - 1 Hungaria
14/06/2016 Austria 0 - 2 Hungaria
04/06/2016 Jerman 2 - 0 Hungaria
20/05/2016 Hungaria 0 - 0 Pantai Gading
26/03/2016 Hungaria 1 - 1 Kroasia

* Portugal: D D W L W

18/06/2016 Portugal 0 - 0 Austria
14/06/2016 Portugal 1 - 1 Islandia
08/06/2016 Portugal 7 - 0 Estonia
02/06/2016 Inggris 1 - 0 Portugal
29/05/2016 Portugal 3 - 0 Norwegia

Head To Head:
 
10/10/2009 Portugal 3 - 0 Hungaria
09/09/2009 Hungaria 0 - 1 Portugal
09/10/1999 Portugal 3 - 0 Hungaria
06/09/1998 Hungaria 1 - 3 Portugal
01/01/1970 Portugal 3 - 1 Hungaria

Prediksi hasil laga (Goal.com):

* Hungaria 0 - 2 Portugal (14 persen)
* Hungaria 0 - 1 Portugal (11 persen)
* Hungaria 1 - 0 Portugal (11 persen)

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com:

* Hungaria: 0
* Portugal: 2

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016