Jakarta (ANTARA News) - Dalam upaya menciptakan ekosistem startup yang baik di Indonesia, Infocom Corporation yang merupakan perusahaan IT dari Jepang dan Fenox Venture Capital yang berbasis di Silicon Valley tengah menjalin kerjasama melalui program akselerator batch pertama mereka di GnB Accelerator.

Program ini telah berlangsung dengan menerima enam startup terpilih dari total 350 startup yang medaftarkan diri melalui website GnB Accelerator dan diseleksi langsung oleh Fenox Venture Capital.

Selama proses akselerasi, para partisipan mendapatkan beberapa fasilitas seperti office space di Jakarta serta mentorship oleh startup founders dan corporate executive dari Silicon Valley, Jepang, Indonesia, Singapore, dan negara lain di Asia Tenggara.

"Kami percaya, berbagai fasilitas dan akses yang kami siapkan akan menjadi fondasi bagi para startup founders untuk mengembangkan perusahaan rintisan mereka," kata Kentaro Hashimoto yang merupakan Program Manajer GnB Accelerator, dalam keterangan tertulisnya yang diterima ANTARA News, Kamis.

Dia menambahkan, di akhir program akselerator ini para startup akan diberi kesempatan untuk mempresentasikan hasil kerja kerasnya kepada investor, Venture Capitals, corporate executives, dan juga media melalui acara Demo Day yang akan berlangsung pada 19 Agustus nanti.

"Demo day dapat menjadi sarana yang tepat bagi para startup dalam memperoleh investasi dari investor lainnya," ujar Kentaro.

  Adapun enam startup yang tengah mengikuti program GnB Accelerator pada batch pertama ini antara lain Ahlijasa, penyedia jasa laundry, service AC, dan layanan pembersihan rumah yang praktis dengan menggunakan sistem operasional yang berbasis teknologi.

Startup lain yang terpilih yaitu KlikDaily, mereka menawarkan kemudahan bagi pengguna aplikasi mobile dalam memenuhi kebutuhan harian seperti air minum isi ulang dan gas LPG.

Ketiga yaitu LocalBrand Asia yang sudah tidak asing lagi bagi para fashionista di tanah air yang memiliki layanan omni-channel untuk UMKM dan brand yang sudah established di Asia Tenggara.

Startup ini menyediakan solusi end to end yang memungkinkan penjualan multichannel secara real time melalui platform inovatif yang mereka miliki.

  Startup terpilih lainnya adalah 4Doctor, startup ini menyediakan portal bagi para dokter untuk mendapatkan informasi terkini tentang industri healthcare dan menyambungkan langsung dengan perusahaan farmasi di Indonesia.

Kelima yaitu XWORK, penyedia layanan ruang meeting pribadi di Jakarta dimana pengguna dapat menemukan ruang meeting untuk 1-2 jam di hotel, perkantoran, dan coworking space hanya dalam hitungan menit.

Startup keenam adalah HipCar,  startup ini menawarkan kemudahan dalam menyewa kendaraan. Sistem yang mereka miliki dapat dilakukan secara otomatis dari pemesanan, penguncian hingga pembukaan pintu kendaraan, yang mana semua dapat dilakukan melalui aplikasi ini.

Saat ini, GnB Accelerator juga tengah membuka pendaftaran untuk batch kedua. Startup founders kini bias mendaftarkan startup mereka dengan mengisi aplikasi di laman http://www.gnb.ac/ sebelum 30 September 2016.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016