Los Angeles (ANTARA News) – Para juri dalam persidangan plagiarisme lagu Led Zeppelin, Stairway to Heaven, melanjutkan pertimbangan mereka pada Kamis (23/06), setelah mengakhiri diskusi pertama mereka yang berlangsung beberapa jam tanpa menghasilkan vonis.

Sebuah panel yang terdiri dari empat laki-laki dan empat perempuan di sebuah pengadilan federal di Los Angeles diminta untuk menentukan apakah rocker Inggris tersebut mencuri bagian awal lagu khas mereka dari band rock yang sudah lama bubar, Spirit.

Pencipta lagu Robert Plant dan Jimmy Page membantah telah menjiplak petikan gitar lagu klasik mereka dari lagu Taurus yang dirilis pada 1971, sebuah lagu instrumental dari album debut Spirit, yang ditulis empat tahun sebelumnya.

Plant dan Page terlihat memasuki gedung pengadilan pada Kamis.

Kasus tersebut diajukan Michael Skidmore, wali sekaligus rekan gitaris Spirit, Randy California, yang sudah lama menegaskan bahwa dia berhak memegang hak cipta untuk Stairway to Heaven, namun permintaannya dilupakan pada 1997 karena dia tidak pernah melayangkan gugatan hukum atas lagu itu.

"Berikan penghargaan pada yang berhak. Kasus ini selalu tentang penghargaan," kata pengacara Skidmore, Francis Malofiy saat dia menyajikan argumen penutupnya pada Rabu.

Gugatan itu muncul di tengah kasus-kasus soal hak cipta, di mana keluarga Marvin Gaye tahun lalu secara kontroversial menang lebih dari tujuh juta dolar AS dari juri atas lagu Blurred Lines milik Robin Thicke dan Pharrell Wiliams.

Gugatan yang diajukan oleh Skidmore dua tahun lalu itu, ingin meminta ganti rugi dan mengklaim California berhak memegang hak cipta penulis lagu sehingga dia bisa “mengantikan posisinya sebagai penulis lagu rock terbaik.”

Hakim menolak argumen Led Zeppelin bahwa sudah terlambat untuk melayangkan gugatan, menunjukkan bahwa band itu merilis lagu Stairway to Heaven versi rekaman ulang pada 2014.

Zeppelin menjadi band pembuka untuk Spirit ketika rocker --Plant, Page, John Paul Jones dan mendiang John Bonham-- itu debut di Amerika Serikat pada 26 Desember 1968 di Denver.

Namun para anggota Led Zeppelin yang masih ada bersaksi bahwa mereka tak pernah secara fisik berinteraksi dengan Spirit atau mendengarkan lagu Taurus (1967) sebelum merekam "Stairway" pada Desember 1970 dan Januari 1971.

Ahli yang dipanngil oleh para penggugat mengatakan ada kemiripan besar antara kunci utama dari dua lagu tersebut, namun saksi pembela telah bersaksi bahwa pola chord yang digunakan pada intro di Stairway to Heaven sangatlah umum sehingga hak paten tidak berlaku.

Penerjemah: Ida Nurcahyani
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016