London (ANTARA News) - Hasil referendum menunjukkan bahwa mayoritas masyarakat Inggris memutuskan untuk keluar dari Uni Eropa (Brexit). Keputusan ini  bakal mengubah wajah Liga Inggris (Premier League) di masa depan.

Ahli perbankan dan keuangan Inggris, Keith Harris menyebut bahwa keputusan Brexit besar kemungkinan berpengaruh dan berdampak bagi sepak bola Inggris utamanya berkaitan dengan pembelian para pemain Eropa yang musim lalu berlaga di Premier League, sebagaimana dikutip dari SkySports.

Para pemain bintang yang bermain di Inggris tidak lagi berlaga di negara itu di musim mendatang karena Inggris memutuskan untuk meninggalkan Uni Eropa, katanya.

Harris - yang membantu Chelsea dan Manchester City untuk membeli sejumlah pemain luar negeri - berkata kepada SkySports kemudian menyinggung mengenai masa depan sejumlah pemain misalnya N'golo Kante, Anthony Martial, Romelu Lukaku dan Dimitri Payet. Para pemain ini nanti tidak lagi dijinkan bergabung bersama dengan klub lamanya.

Selain itu, Dimitri Payet tidak lagi dapat membela West Ham. Musim lalu, sebanyak 432 pemain Eropa tercatat bermain di Liga Inggris. Para pemain itu menyayangkan keputusan Brexit itu. Para pemain anyar tidak lagi memiliki secara otomatis hak untuk tinggal dan bekerja di Inggris.

"Hasil keputusan ini mengagetkan," kata Harris. "Ada pemain yang bakal terkena imbas keputusan ini. Mereka yakni Kante, yang kini membela Leicester, Martial di Manchester United, Lukaku di Everton dan Payet di West Ham."

Penerjemah: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016