Saint-Etienne, Prancis (ANTARA News) - Gelandang Fiorentina, Jakub Blaszczykowski, berhasil mencetak gol pada menit 39 untuk membawa tim nasional Polandia mengungguli Swiss 1-0 hingga babak pertama usai dalam laga 16 besar Piala Erop 2016 di Stadion Geoffroy-Guichard, Saint-Etienne, Prancis, Sabtu.

Gol tersebut berawal dari akselerasi Kamil Grosicki di sisi kiri serangan sebelum menusuk ke dalam melewati jegalan pertahanan Polandia dan melepaskan umpan tarik ke area kanan di dalam kotak penalti, di mana Blaszczykowski berdiri bebas tanpa kawalan serta melakukan satu sentuhan kecil sebelum menyepak bola dengan kaki kanannya menaklukkan penjaga gawang Yann Sommer.

Apabila kedudukan itu bertahan hingga laga usai, maka Polandia akan menantikan pemenang laga antara Kroasia kontra Portugal di babak perempat final nanti.

Meski statistik Opta mencatat Swiss menguasai 55 persen pengendalian sepanjang 45 menit pertama, namun Polandia jauh lebih efektif dalam membangun serangan yang lebih berbahaya.

Bahkan Polandia berpeluang besar membuka keunggulan pada kesempatan serangan pertama mereka, yang berbuah dari keteledoran bek Johan Djourou memberikan umpan ke penjaga gawang Sommer dalam keadaan tertekan dan hampir direbut Lewandowski, bola yang bergulir ke jalur tembakan Arkadiusz Milik gagal dimanfaatkan sempurna sebab tendangan penyerang Ajax Amsterdam itu melambung di atas mistar gawang yang sudah tak bertuan.

Swiss menciptakan peluang pertama mereka pada menit 9 saat umpan tarik Xherdan Shaqiri dari sisi kiri berhasil disambut Blerim Dzemaili, sayang sontekannya masih menyamping di kanan gawang.

Milik kembali membuang peluang Polandia pada menit 33 saat tendangan volinya melambung, sementara dua menit berselang giliran peluang Swiss lewat tandukan Fabian Schaar berhasil dimentahkan oleh penjaga gawang Lukasz Fabianski.

Keputusan pelatih Vladimir Petkovic menurunkan penyerang Eintracht Frankfurt sejauh ini belum menunjukkan hasil dan ia bisa saja memilih untuk mengirim penyerang muda Basel yang tengah naik daun, Breel Embolo, pada babak kedua jika tak ingin langkah mereka terhenti di 16 besar saja.

Berikut susunan pemain kedua tim seturut laman resmi UEFA.

Swiss (4-2-3-1): Yann Sommer (PG); Stephan Lichtsteiner, Fabian Schaar, Johan Djourou, Ricardo Rodriguez; Valon Behrami, Granit Xhaka; Xherdan Shaqiri, Blerim Dzemaili, Admir Mehmedi; Haris Seferovic
Pelatih: Vladimir Petkovic

Polandia (4-4-2): Lukasz Fabianski (PG); Lukasz Piszczek, Kamil Glik, Michal Pasdan, Artur Jedrzejczyk; Jakub Blaszczykowski, Grzegorz Krychowiak, Krzysztof Maczynksi, Kamil Grosicki; Arkadiusz Milik, Robert Lewandowski
Pelatih: Adam Nawalka

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016