Saint-Etienne, Prancis (ANTARA News) - Laga 16 besar Piala Eropa 2016 antara tim nasional Swiss menghadapi Polandia harus dilanjutkan ke babak tambahan 2x15 menit setelah kedudukan imbang 1-1 hingga waktu normal usai di Stadion Geoffroy-Guichard, Saint-Etienne, Prancis, Sabtu.

Sebuah gol buah tendangan akrobatik gelandang Southampton, Xherdan Shaqiri, pada menit 82 membuat Swiss berhasil menyamakan kedudukan, setelah mereka lebih dulu tertinggal akibat gol gelandang Polandia Jakub Blaszczykowski pada menit 39.

Sepanjang waktu normal Swiss memang lebih banyak mendominasi pengendalian bola dengan penguasaan 57 persen, namun di babak pertama Polandia lebih mampu menciptakan peluang-peluang berbahaya termasuk serangan pertama mereka yang menjadi buah kelalaian penjaga gawang Yann Sommer dan bek Johan Djourou namun gagal dimanfaatkan baik oleh Arkadiusz Milik yang tendangannya melambung di atas mistar gawang tak bertuan.

Polandia berhasil memecah kebuntuan di bawah tekanan Swiss lewat gol Blaszczykowski sekira enam menit jelang waktu normal babak pertama usai, yang berawal dari akselerasi Kamil Grosicki di sisi kiri yang berhasil menyodorkan bola ke dalam kotak penalti diselesaikan Blaszczykowski yang berdiri tanpa kawalan.

Di awal babak kedua, Polandia masih berusaha keluar dari tekanan Swiss namun peluang kapten Robert Lewandowski memperbesar keunggulan pada menit 51 masih bisa digagalkan Sommer, begitu pula upaya Blaszczykowski dua menit berselang.

Swiss perlahan mulai menebarkan ancaman yang lebih berbahaya di depan gawang Polandia seiring masuknya talenta muda Breel Embolo menggantikan Blerim Dzemaili pada menit 58, sayangnya tendangan bebas Ricardo Rodriguez masih bisa diselamatkan penjaga gawang Lukasz Fabianski pada menit 73.

Sementara itu peluang dari situasi sepak pojok pada menit 79 hanya memperlihatkan upaya Djorou dihalau barisan pertahanan dan sambaran Granit Xhaka menyambut bola liar juga hanya membentur mistar gawang.

Kerja keras Swiss akhirnya membuahkan hasil setelah kombinasi Seferoviv dan pemain pengganti Erik Derdiyok berujung pada sebuah tendangan akrobatik Shaqiri dari tepian kotak penalti mengirimkan bola ke tiang dekat Fabianski namun tak terjangkau.

Di sisa waktu normal kedua tim berusaha mencetak gol namun tak kunjung berbuah, sehingga laga dilanjutkan ke babak tambahan, namun Polandia masih memiliki tiga slot pergantian pemain yang belum satu pun dipakai.

Berikut susunan pemain kedua tim seturut laman resmi UEFA.

Swiss (4-2-3-1): Yann Sommer (PG); Stephan Lichtsteiner, Fabian Schaar, Johan Djourou, Ricardo Rodriguez; Valon Behrami (Gelson Fernandes), Granit Xhaka; Xherdan Shaqiri, Blerim Dzemaili (Breel Embolo), Admir Mehmedi (Eren Derdiyok); Haris Seferovic
Pelatih: Vladimir Petkovic

Polandia (4-4-2): Lukasz Fabianski (PG); Lukasz Piszczek, Kamil Glik, Michal Pasdan, Artur Jedrzejczyk; Jakub Blaszczykowski, Grzegorz Krychowiak, Krzysztof Maczynksi, Kamil Grosicki; Arkadiusz Milik, Robert Lewandowski
Pelatih: Adam Nawalka

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016