Jakarta (ANTARA News) - Gelandang tim nasional Polandia, Jakub Blaszczykowski, berharap rekor positifnya bersama Pasukan Elang Putih dapat terus berlanjut hingga mereka mencapai babak final Piala Eropa 2016.

Laman resmi UEFA mencatat bahwa Polandia belum pernah kalah dalam 18 pertandingan saat Blaszczykowski mencetak gol untuk mereka, termasuk saat tim besutan Adam Nawalka itu akhirnya mengalahkan Swiss 6-5 dalam drama adu penalti di laga 16 besar Piala Eropa 2016 di Stadion Geoffroy-Guichard, Saint-Etienne, Prancis, Sabtu.

"Apakah saya tahu bahwa setiap saya mencetak gol Polandia tidak pernah kalah? Wah bagus itu. Semoga saja bisa bertahan seperti ini hingga ke final," kata Blaszczykowski selepas pertandingan usai.

Blaszczykowski mencetak gol pemecah kebuntuan pada menit 39 sebelum Swiss mengimbangi lewat gol spektakuler Xherdan Shaqiri pada menit 82.

Kedudukan imbang tersebut bertahan hingga waktu normal bahkan setelah usai dua kali 15 menit babak tambahan, hingga laga ditentukan lewat adu penalti dan lima algojo Polandia termasuk Blaszczykowski sukses menyarangkan bola dari titik 12 pas, sementara gelandang anyar Arsenal Granit Xhaka menjadi satu-satunya penendang Swiss yang gagal.

"Saya sudah telalu tua untuk terpengaruh secara emosional (dalam adu penalti). Saya hanya berusaha setenang mungkin," kata Blaszczykowski.

"Secara keseluruhan saya senang kami bisa meraih apa yang belum pernah kami capai. Ini adalah perasaan luar biasa," ujar dia menambahkan merujuk pada keberhasilan Polandia untuk pertama kalinya mencapai babak perempat final Piala Eropa.

Hal senada juga diakui rekan Blaszczykowski, Kamil Grosicki, yang sempat menyatakan timnya berhasil melunasi janji tidak pulang kampung sebelum bulan Juli.

"Kami melakukan sesuatu yang luar biasa, sungguh senang sekali. Sebelumnya saya bilang kami tak mau pulang sebelum Juli dan sepertinya kami berhasil menepati janji itu. Pertandingan berjalan sulit, namun kerja keras kami terbayarkan," pungkas Grosicki yang keluar digantikan Slawomir Peszko pada babak tambahan.

Selanjutnya, Polandia akan menghadapi pemenang dari laga lain antara Kroasia kontra Portugal di babak perempat final yang akan berlangsung di Stadion Velodrome, Marseille, 1 Juli 2016.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016