Dewi keberuntungan menyinari kami malam ini dan saya kira kami pantas mendapatkannya. Kami akan memikirkan yang lainnya besok
Paris (ANTARA News) - Setelah memuncaki fase grup dengan melompati Inggris berkat penampilan yang meyakinkan, Wales mengetahui pasti cara lain untuk menang dengan lolos dari si ngotot Irlandia Utara pada derbi Britania, untuk mencapai perempatfinal Euro 2016.

Wales terlihat gugup pada pertandingan yang dimenangkannya dengan 1-0 itu di mana salah satu top skorer sementara Euro kali ini Gareth Bale, yang mencetak masing-masing satu gol dari tiga pertandingan sebelumnya, gagal menjaringkan satu pun gol ke gawang Irlandia Utara.

Namun Bale tetaplah berbahaya di mana kualitasnya kembali dia tunjukkan pada pertandingan yang berlangsung ketat manakala umpan berbahayanya memaksa bek Irlandia Utara Gareth McAuley menghalaunya untuk malah masuk ke gawang sendiri 15 menit sebelum pertandingan berakhir.

"Kami tahu ini akan menjadi pertandingan yang jelek," kata Bale yang mengangkat anak bayinya ke udara di lapangan Parc des Princes demi menghormati pendukung Wales. Dia kini menatap pertandingan melawan Hungaria atau Belgia di Lille untuk memperebutkan satu tempat ke semifinal.

"Irlandia Utara telah membuat pertandingan sulit dimainkan," sambung dia. "Tidak banyak ruang kosong tercipta di depan. Kami telah bekerja keras dan melakukan segala yang kami bisa. Anda tak bisa meminta lebih."

Salah satu sensasi pada putaran pertama, Wales tampil impresif terutama karena menang 3-0 dari Rusia dalam mana Bale tampil sangat energik bersama gelandang Aaron Ramsey.

Namun Sabtu malam lalu Ramsey hanya bisa mengelus-elus rambutnya ketimbang berlari dan mengumpan. Dia kesulitan menciptakan peluang dan satu-satunya tendangan mengarah gawang Wales pada pertandingan itu adalah tendangan bebas Bale yang dijinakkan dengan sempurna oleh penjaga gawang Michael McGovern.

"Ini pertandingan yang jelek, tapi siapa peduli," kata pelatih Wales Chris Coleman. "Kami telah menunjukkan sisi lain permainan kami. Irlandia Utara bermain bagus sekali hari ini dan kami tidak bermain sebagus biasanya. Ketika keberuntungan datang, maka ambillah."

Irlandia Utara yang tampil ngotot dan gagah berani juga tidak lebih dari Wales, cuma kekecewaan terbesar dari laga ini adalah penampilan di bawah standard Wales yang seperti kekurangan nafsu berjuang.

Manajer Irlandia Utara Michael O'Neill telah berkata sebelum pertandingan ini bahwa dia sudah bersiap menghadapi pertarungan antar penganut gaya lama sepak bola Inggris Raya.

Meski tampil buruk dan diselamatkan oleh gol bunuh diri, tidak ada seorang pun dari kubu Wales yang mengeluhkan hasil dan penampilan mereka.

"Dewi keberuntungan menyinari kami malam ini dan saya kira kami pantas mendapatkannya," kata Coleman seperti dikutip Reuters. "Kami akan memikirkan yang lainnya besok."



Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016