Di Pilkada 2015 jadi indikator kegagalan parpol dalam menentukan calonnya. Para pengurus di DPP kewalahan karena harus memutuskan calon di tiap daerah,
Jakarta (ANTARA News) - Ketua Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) Sebastian Salang berpendapat agar Dewan Pimpinan Daerah partai politik harus bisa mengusung kadernya sebagai calon kepala daerah di Pilkada 2017.

Menurut dia hal tersebut harus dilakukan agar DPD tidak perlu menunggu arahan atau keputusan dari DPP dalam mengusung calonnya di daerah, ujar Sebastian saat dihubungi di Jakarta, Minggu sore.

"Di Pilkada 2015 jadi indikator kegagalan parpol dalam menentukan calonnya. Para pengurus di DPP kewalahan karena harus memutuskan calon di tiap daerah," tuturnya menjelaskan.

Bahkan akibat kejadian tersebut, ujar Sebastian melanjutkan, banyak parpol yang tidak mengusung calon kepala daerah di sejumlah daerah kurangnya persiapan.

Kejadian tersebut sekaligus menjadi indikator kegagalan parpol dalam proses menentukan dan menyiapkan kader terbaiknya di daerah untuk maju dalam kontestasi pemilihan kepala daerah.

Sebastian berpendapat, kondisi dimana parpol harus menyiapkan calon di ratusan daerah dalam waktu yang bersamaan merupakan kejadian yang pertama karena sistem tersebut sama sekali belum pernah dilaksanakan pada Pilkada sebelumnya.

"Sehingga pada Pilkada 2017 semoga ini tidak terjadi lagi, parpol tidak mengulangi kegagalannya," ujarnya menegaskan.

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016