Jakarta (ANTARA News) - Belgia lolos ke babak perempatfinal Euro 2016 untuk menghadapi Wales setelah menekuk Hongaria dengan skor 4-0 pada 16 besar Euro 2016 di Stadion Toulouse, Prancis, Minggu.

Belgia menang besar lewat gol yang dicetak Toby Alderweireld pada babak pertama. Sementara Michy Batshuayi, Eden Hazard, dan Carasco menambah keunggulan pasukan Marc Wilmots pada babak kedua.

Belgia akan menghadapi Wales pada babak perempatfinal yang digelar pada 2 Juli 2016 di Stade Pierre-Mauroy, Lille Prancis. Sementara Hongaria menyusul Slowakia, Kroasia, Swiss, Irlandia, dan Irlandia Utara angkat kaki dari Piala Eropa 2016.

Baca Juga :  Wilmots sebut kekuatan Wales bukan hanya Bale

Statistik UEFA mencatat bahwa Hongaria lebih menguasai kepemilikan bola dengan 54 persen berbanding 46 persen. Namun Belgia bermain lebih berbahaya dengan menorehkan 4 gol dari 14 sepakan on target, sementara Hongaria memiliki enam kesempatan.

Pasukan Marc Wilmots unggul 1-0 berkat gol yang disumbangkan Toby Alderweireld meneruskan bola liar hasil tendangan bebas De Bruyne pada menit 10.

Michy Batshuayi yang masuk menggantikan Romelu Lukaku pada babak kedua menambah keunggulan Belgia menjadi 2-0. Batshuayi memanfaatkan umpan Hazard untuk mengecoh bek Hongaria, Lang, kemudian menceploskan bola ke gawang Kiraly pada menit 78.

Kapten Belgia, Eden Hazard, ikut mencatatkan namanya di papan skor setelah menggiring bola dari sisi kiri untuk melewati dua bek Hongaria kemudian melepaskan sepakan khasnya yang meluncur masuk ke sudut bawah gawang Kiraly pada menit 81. Skor menjadi 3-0.

Baca Juga : Daftar "Man of the Match" sementara 16 besar

Belgia belum puas, Carrasco meneruskan umpan terobosan Nainggolan untuk mengubah skor menjadi 4-0 pada menit 90. Skor tersebut bertahan hingga wasit meniup laga peluit akhir.

Susunan pemain kedua tim dilansir dari UEFA:

Belgia (4-3-3):
Courtois (G), Alderweireld, Vermaelen, Vertonghen, Meunier, Nainggolan, Witsel, De Bruyne, Hazard ( Fellaini), Mertens (Carrasco), R. Lukaku (Batshuayi).
Pelatih: Marc Wilmots

Hongaria (4-2-3-1): Király (G), Juhász (Daniel Bode), Guzmics, Lang, Kádár, Gera (Elek), Pinter (Nikolic), Nagy, Dzsudzsák, Lovrencsics, Szalai
Pelatih: Bernd Storck.

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016