Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla didampingi Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo beserta Kepala Staf Angkatan melaksanakan Buka Puasa Bersama Keluarga Besar TNI dan komponen masyarakat di Plaza Mabes TNI Cilangkap Jakarta Timur, Senin.

Presiden Jokowi beserta Ibu Negara Iriana Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla beserta Mufidah Jusuf Kalla tiba di Mabes TNI Cilangkap sekitar pukul 17.15 WIB, yang diterima langsung oleh Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.

Acara buka bersama itu mengusung tema "Jadikan Hikmah Puasa Ramadhan 1437 H 2016 M cahagai Peningkatan Kualitas Iman dan Taqwa serta Menumbuhkan Semangat Kebersamaan Hubungan Prajurit TNI dengan Masyarakat".

Rangkaian Buka Puasa Bersama akan dimulai pukul 17.20 WIB diawali dengan penyambutan Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla dengan menampilkan Marawis gabungan TNI/Pom, kemudian pembacaan Ayat Suci Al Quran dan sari tilawah.

Personel yang dikerahkan dalam rangka buka bersama Presiden RI dan Wapres RI adalah 7.500 orang terdiri dari perwakilan Mabes TNI 431 orang, Mabes TNI AD 1.700 orang, Mabes TNI AL 1.500 orang dan Mabes TNI AU 1.500 orang; Paspampres 200 orang, dan anak yatim 1.000 orang.

Marawis Gabungan TNI/Pom berawal dari ide Pangdam Wirabuana yang ditampilkan dihadapan Panglima TNI saat berkunjung ke Kodam Wirabuana lalu.

Adapun jumlah personel yang mengawaki Marawis gabungan tersebut berjumlah 81 orang terdiri dari TNI AD 32 arang (Kodam Wrb 18 orang dan Kostrad 24 orang). TNI AL 10 orang (Lantamai VI/Mks 10 orang), TNI AU 7 orang (Koopsau IIIMks), Polri 19 orang (Brimob 9 den 10 orang Polwan Polda Sulsel).

Sebelumnya Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo telah melaksanakan safari Ramadhan ke wilayah Kodam IV/Dip, Kodam V/Brw, Kodam lskandar Muda, Kodam l/BB, dan akan melanjutkan kunjungannya ke wiIayah Kodam IX/Udy, Kodam XVI/Ptm serta Kodam VII/MIw.

Hadir dalam acara itu, sejumlah menteri kabinet kerja, Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti, mantan Wapres Try Sutrisno, ulama, tokoh agama dan lainnya.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016