Jakarta (ANTARA News) - Giorgio Chiellini mencetak gol untuk membawa Italia unggul 1-0 atas Spanyol pada babak pertama putaran 16 besar Euro 2016 di Stade de France, Prancis, Senin.

Giorgio Chiellini mencetak gol memaksimalkan suasana kemelut pasca tendangan bebas Eder pada menit 32. Bek klub Juventus itu meneruskan bola yang ditahan Emanuele Giaccherini saat berdiri di mulut gawang Spanyol kemudian mendorong bola masuk ke gawang.

Pada awal laga, kedua tim memulai pertandingan dengan umpan-umpan panjang dari belakang ke depan untuk beradaptasi dengan kondisi lapangan yang basah karena hujan.

Penjaga gawang Spanyol, David de Gea, melakukan penyelamatan gemilang dengan menepis tandukan Graziano Pelle dari umpan Alessandro Florenzi yang mengarah ke sudut kiri bawah gawang pada menit 8.

Tiga menit kemudian, De Gea kembali beraksi menepis tendangan akrobatik Giaccherini. Bola yang ditepis De Gea sempat memantul di mistar gawang kemudian dibuang oleh pemain Spanyol.

Spanyol berbalik menyerang lewat serangan kombinasi yang dibangun Nolito kemudian memberikan bola kepada Fabregas. Sayang sepakan itu bisa diblokir bek Italia Chiellini pada menit 20. Skor 1-0 untuk Italia bertahan hingga istirahat babak pertama.

Statistik UEFA mencatat pada babak pertama Spanyol memiliki 53 persen penguasaan bola berbanding 47 persen namun Italia berhasil melepaskan enam tendangan sementara Spanyol hanya dua.

Pemenang pada laga ini akan menghadapi Jerman pada babak perempatfinal atau delapan besar pada 3 Juli 2016. Laga ini akan dipimpin oleh wasit asal Turki, Cuneyt Cakir.

Susunan pemain kedau tim dilansir dari UEFA:

Italia (3-5-2): 
Buffon, Chiellini, Bonucci, Barzagli, De Sciglio, Florenzi, De Rossi, Parolo, Giaccherini, Pelle, Eder.

Spanyol (4-3-3): De Gea (G), Juanfran, Jordi Alba,  Ramos (C), Piqué, Busquets, Iniesta, Fàbregas, Silva, Nolito, Morata.

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016