Ottawa (ANTARA News) - Presiden Meksiko, Enrique Pena Nieto, Senin (27/06) waktu setempat, menyerukan integrasi yang lebih besar dengan Kanada dan AS menyusul Brexit.

Nieto dijadwalkan akan menghadiri KTT pemimpin Amerika Utara di Ottawa, Rabu, dengan presiden Amerika Serikat dan perdana menteri Kanada.

Ketiga negara itu merupakan mitra ekonomi dalam Kesepakatan Perdagangan Bebas Amerika Utara (North American Free Trade Agreement/NAFTA), dan bekerja sama secara lebih erat pada beberapa isu keamanan.

Dalam KTT yang digelar pada Rabu, para pemimpin tersebut diperkirakan akan mengumumkan strategi gabungan pada isu energi dan lingkungan, termasuk menyamakan target energi terbarukan.

"Tujuan kunjungan ini adalah untuk memperbarui kemitraan bilateral kami, untuk menemukan cara memajukan kesejahteraan dan daya saing Amerika Utara," ujar Pena Nieto.

"Saya pikir apa yang terjadi di seluruh dunia mendorong kami untuk memperkuat aliansi strategis kami dan terutama agar menjadi lebih inklusif,"  katanya menanggapi pertanyaan tentang keputusan Brexit.

Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau, dan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, keduanya menyerukan agar Inggris bertahan di Uni Eropa.

Penerjemah: Monalisa
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016