Padangpariaman, Sumbar  (ANTARA News) - Arus kedatangan pemudik di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) di Padangpariaman, Sumatera Barat sepekan menjelang Idul Fitri 1437 Hijriah mulai meningkat.

"Pada H-7 atau 29 Juni 2016 jumlah penumpang yang tiba di BIM mencapai 5.996 orang atau naik 13,54 persen dibandingkan H-7 2015," kata Airport Duty Officer Bandara Internasional Minangkabau Joko Widodo di Padangpariaman, Kamis.

Menurut dia puncak arus kedatangan pemudik di BIM diperkirakan akan terjadi pada H-1 atau 5 Juli 2016.

"Untuk penerbangan ekstra mulai dioperasikan besok dengan total penerbangan tambahan hingga 24 Juli 2016 mencapai 122 kali,"ujar dia.

General Manajer PT Angkasa Pura II BIM Suparlan menyebutkan pada Lebaran 2016 diperkirakan akan terjadi peningkatan arus mudik di BIM hingga 12,5 persen dibandingkan tahun lalu.

Kami memastikan semua fasilitas bekerja dengan baik serta menyiapkan personel yang memiliki kemampuan khusus terkait pelayanan dan operasional bandara guna menyambut arus mudik, kata dia.

Untuk memberikan rasa aman pada penumpang mulai hari ini PT Angkasa Pura II membentuk posko keamanan dan bekerja sama dengan semua pemangku kepentingan baik pihak kesehatan, polisi dan maskapai.

Kepada pemudik ia mengingatkan karena cukup sering terjadi perubahan cuaca ekstrem agar mengantisipasi jadwal keberangkatan menuju bandara agar tidak terlambat.

Sementara Distrik Sales Manager Citilink Padang Sugiarto mengatakan pihaknya menyiapkan penerbangan tambahan untuk rute Jakarta-Padang mulai 2 Juli sampai 5 Juli 2016 dengan jam keberangkatan pada 13.20 WIB.

Semua pesawat juga telah mengalami pemeriksaan yang lebih baik mengantisipasi masalah keterlambatan, ujar dia.

Pewarta: Ikhwan Wahyudi
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016