Jakarta (ANTARA News) - Mencari warna foundation yang tepat untuk wajah rasanya susah-susah gampang, berikut adalah kiat agar Anda bisa menemukan foundation yang cocok.

1. Jangan sekali-kali mengoleskan foundation ke tangan karena warna kulit tangan tidak sama dengan warna wajah kita. Make Up Artist Dhirman Putra menyarankan untuk langsung mencoba foundation ke bagian belakang tulang pipi untuk melihat kecocokannya.

2. Pilih warna yang sama dengan kulit, jangan terlalu terang atau gelap.

3. Tunggu 1-2 jam untuk melihat perubahan warna foundation setelah wajah berkeringat. Bila warnanya masih sesuai dengan wajah atau leher, berarti foundation itu cocok untuk Anda.

Brand Manager Make Over Stephanie Lie menyarankan untuk memilih warna yang sesuai dengan warna leher. Sebab, keringat membuat foundation teroksidasi hingga warnanya menjadi lebih gelap. Bila ini terjadi, setidaknya warna wajah sama dengan leher sehingga tidak terlihat belang.

4. Campurkan beberapa warna. Bila warna kulit Anda cenderung berubah-ubah akibat paparan sinar matahari, seperti model Kelly Tandiono yang gemar beraktivitas di luar ruangan, siapkan beberapa pilihan warna foundation.

Kelly mengatakan ia memiliki tiga shade warna foundation dan bedak yang bisa dicampur untuk menghasilkan warna yang paling tepat untuk kondisi wajahnya.

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016