Jakarta (ANTARA News) - Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB) Cucun Ahmad Syamsurijal mengapresiasi pemerintah karena infrastruktur jalan darat lebih baik dibanding tahun-tahun sebelumnya.

"Secara menyeluruh infrastruktur jalan sekarang lebih baik di banding tahun-tahun sebelumnya, dalam hal ini kita patut apresiasi kepada Menteri PUPR yang sudah menunjukkan kinerja yang baik dalam mempersiapkan jalan nasional bagi pemudik," kata Cucun pada wartawan di Gedung DPR RI Jakarta, Kamis.

Menurut dia, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sudah sigap menghadapi mudik lebaran pada tahun ini. Terlebih, pembangunan infrastruktut memang menjadi salah satu program prioritas pemerintahan Jokowi-JK.

Hanya saja, kata Sekretaris FPKB DPR RI Dapil Jawa Barat itu, yang harus diperhatikan oleh KemenPUPR, Kementerian Perhubungan dan Satkorlantas adalah jalur-jalur yang rawan longsor di musim hujan ini.

Khususnya di jalur Selatan (Cianjur - Bandung - Nagrek Ciamis - Tasikmalaya - Banjarnegara - Cilacap), Yogyakarta, Kediri,sampai ke Malang Jawa Timur.

"Kalau Pantura hampir tidak ada masalah, kecuali akan terjadi kemacetan di simpul-simpul perempatan atau pertigaan jalan dan juga di pasar tradisional. Sehingga kalau macet total, harus ada jalan alternatif dan itu dibutuhkan koordinasi Satkorlantas yang tepat dan disiplin," katanya.

Pewarta: Jaka Suryo
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016