Dimas Ekky curi poin di CEV Spanyol

Jakarta (ANTARA News) - Pebalap Indonesia dari Astra Honda Racing Team Dimas Ekky Pratama berhasil mencuri poin dengan menduduki peringkat keenam di kelas Moto2 putaran kelima kejuaraan Campeonato de Espana de Velocidad (CEV) yang digelar di Sirkuit Albacete, Spanyol pada Minggu (3/7).

Selain Dimas Ekky, Astra Honda Racing Team juga diperkuat pebalap Indonesia lainnya, yaitu Andi Farid Izdihar yang turun di kelas Moto3 Junior World Championship.

Ikatan Motor Indonesia (IMI) menyatakan dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Minggu (3/7) bahwa selaku organisasi induk olahraga otomotif di Tanah Air yang berafiliasi langsung dengan Federasi Motor Internasional (FIM) pun ikut memantau perkembangan Andi dan Dimas selama mengikuti kejuaraan CEV.

"Saat ini, CEV merupakan jembatan menuju ajang balap roda dua paling akbar, MotoGP. Jika ada pebalap Tanah Air yang dapat turun di MotoGP, tentunya kita semua yang akan turut berbangga karena mereka bisa mengharumkan nama Indonesia," kata Kabid Olahraga Roda Dua PP IMI, Medya Saputra.

Untuk mewujudkannya, pihaknya akan terus memerhatikan sepak terjang Andi dan Dimas dalam ajang CEV ini.

"Semoga mereka pun dapat bersaing dengan baik bersama para pebalap yang datang dari berbagai belahan dunia," katanya.

Di Sirkuit Albacete, Dimas yang turun di kelas Moto2 berhasil mencuri poin dengan menduduki peringkat keenam dengan total catatan waktu Dimas adalah 31 menit 28,611 detik.

Hasil itu dirasa baik, mengingat di sesi kualifikasi yang digelar Sabtu (2/7), pebalap Indonesia 23 tahun itu harus melakukan start dari posisi kedelapan.

Seusai kualifikasi, Dimas menyatakan optimis dan memiliki perasaan yang baik jelang perlombaan.

"Kami sudah menemukan set up yang cocok dan saya mempunyai feeling bagus terhadap motor. Setiap balapan, saya selalu memulai start dengan baik. Tapi sirkuit ini sangat pendek, jadi saya tidak tahu apa yang akan terjadi besok. Namun, saya bertekad melakukan yang terbaik dan mendapatkan poin sebanyak-banyaknya di balapan esok hari (Minggu, 3/7)," ujarnya

Sementara Andi yang turun di kelas Moto3 Junior World Championship tidak dapat menyelesaikan perlombaan karena terjatuh di lap keenam.

CEV yang berada langsung di bawah naungan FIM merupakan kejuaraan yang melahirkan pebalap-pebalap di event olahraga roda dua paling bergengsi, MotoGP.

Pebalap-pebalap dunia seperti Jorge Lorenzo, Marc Marquez, dan Casey Stoner adalah beberapa nama yang ketika itu mengawali kariernya dengan berlaga di CEV.

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2016

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar