Hari kedua, ketiga baru keliling
Jakarta (ANTARA News) - Aktris Tatjana Saphira mengaku menyediakan amplop berisi uang untuk saudara-saudaranya saat Lebaran sebagai tradisi keluarganya yang dijalaninya selama dua tahun terakhir.

"Kebetulan aku anak pertama dan cucu pertama juga, paling bagi-bagi buat adik-adik yang lebih kecil," katanya kepada ANTARA News, di Jakarta.

Meski demikian, dia tidak menyediakan budget khusus untuk amplop Lebaran yang dibagi-bagikannya.

"Aku ingat-ingat saja, dulu umur 10 sampai 11 tahun dapat berapa? Aku samakan saja," ujarnya.

Selain membagikan amplop Lebaran, pemeran Lintang dalam film "Negeri Van Oranje" itu mengemukakan, tradisi lain di keluarganya adalah berkumpul di rumah nenek, dan menyantap menu favorit, yakni opor ayam.

"Sehabis Shalat Idul Fitri kumpul di rumah nenek, seharian kumpul di rumah nenek. Makan-makan di rumah nenek. Setiap tahun selalu menyediakan lontong, opor ayam, rendang. Hari kedua, ketiga baru keliling," katanya.

Makna Lebaran bagi Tatjana adalah lahirnya semangat baru untuk menjadi orang yang lebih baik, selain merayakan kemenangan setelah sebulan berpuasa.

"Selama berpuasa pastinya berusaha menjalankan semaksimal mungkin untuk beribadah, dan di Hari Raya itu lahir kembali sebagai orang yang baru dengan semangat yang baru," katanya menambahkan.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2016