Rahasia rasa enak kue kering Lebaran buatan sendiri

Rahasia rasa enak kue kering Lebaran buatan sendiri

Penjual menyusun produk aneka kue nastar di kediamannya di Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (22/6/2016). Pelaku usaha tersebut menyatakan menjelang Lebaran jumlah pemintaan kue nastar meningkat hingga 100 persen dari hari biasanya dengan harga jual per kilogram kue nastar Rp150.000 dan Rp45.000 untuk kue nastar yang dijual per stoples. (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Jakarta (ANTARA News) - Pemilihan bahan yang berkualitas dan tepat menjadi salah satu kunci kue kering Lebaran buatan sendiri terasa enak dan salah satu bahan yang dimaksud adalah butter, menurut chef Yus Andriana.   

"Agar kue kering terasa enak, harus menggunakan butter. Resepnya semua hampir sama, gula halus, tepung, telur. Tetapi yang membuat enak atau kurang enak adalah penentuan penggunaan butter," ujar dia kepada ANTARA News, di Jakarta, beberapa waktu lalu.  

Yus mengatakan, berbeda dengan margarin, butter terbuat dari susu sehingga penggunaannya lebih enak di lidah.

"Finishing product yang menggunakan butter tastenya akan lebih baik. Karena, butter terbuat dari susu. Kalau margarin kan dari kelapa sawit. Kue kering, resepnya semua sama, gula halus, tepung, telur. Nah sekarang pakai margarin atau butter," tutur dia.

Sementara untuk tekstur, Yus menyarankan kita memperhatikan proses pembuatan kue. Bila tekstur kue kasar misalnya, mungkin saat membuat adonan kurang kalis.

"Soal tekstur dari proses pembuatannya. Kalau teksturnya kasar, mungkin kurang kalis," kata chef dari Fonterra Brands Indonesia itu. 

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2016

Sepi pesanan, penjual kemas kue kering dalam parcel

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar