Jakarta (ANTARA News) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca pada hari pertama lebaran Idul Fitri 1437 H di wilayah Jakarta dan sekitarnya cerah hingga berawan.

"Pada pagi hari umumnya cuaca di Jakarta dan sekitarnya cerah-berawan kecuali di Kepulauan Seribu berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang," kata Kabag Humas BMKG Hary T Djatmiko dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu.

Sementara pada siang hingga sore hari diprediksikan cuaca berawan dan potensi hujan ringan di Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Tangerang, dan Bekasi, serta potensi hujan ringan-sedang di Depok dan Bogor

Kemudian pada malam hari diprakirakan cuaca berawan dan potensi hujan ringan di Jakarta Selatan, Depok, dan Tangerang, sedangkan hujan ringan-sedang di Bogor.

Tercatat suhu udara antara 23 derajat celcius hingga 33 derajat celcius dengan kelembaban udara berkisar 70-92 persen. Arah angin bertiup dari Timur Laut-Tenggara dengan kecepatan 7-20 km/jam.

Sebelumnya Kepala BMKG Andi Eka Sakya mengatakan diprediksi akan turun hujan menjelang dan pada Idul Fitri 1437 Hijriah.

"Kami perkirakan sampai lebaran situasinya masih seperti ini, masih basah karena ada potensi hujan," kata Andi.

Dia menjelaskam kondisi cuaca masih basah dan gelombang cukup tinggi meski di bagian timur angin dari Australia semakin melemah sehingga wilayah Indonesia semakin banyak yang basah.

Uap basah ini didorong oleh Dipole Mode negatif yang kemungkinan hingga saat ini masih mempengaruhi cuaca di sebagian wilayah Indonesia.

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2016