Jakarta (ANTARA News) - Warga kampung Akuarium, kawasan Luar Batang, Kelurahan Penjaringan, Jakarta Utara, terpaksa merayakan Idul Fitri 1437H di tenda-tenda darurat dan rumah-rumah bedeng setelah permukiman mereka digusur oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada April lalu.

Meskipun harus tinggal di bangunan darurat yang didirikan di atas puing-puing bekas gusuran, ratusan warga Akuarium tetap menjalankan ibadah salat Idul Fitri, bersilaturahmi, bahkan menyantap hidangan khas ketupat dan opor ayam yang dimasak bersama-sama di dapur umum.

"Lebaran tahun ini sangat terharu karena keadaan (tempat tinggal kami) sedang dibongkar begini. Tapi masyarakat tetap antusias, mereka saling datang bersilaturahmi, tadi juga diadakan salat Ied lebih dari 200 orang ikut," ujar Ketua RT 12 RW 04 Kelurahan Penjaringan Doddy Kairul Fajri saat ditemui Antara di kampung Akuarium, Jakarta Utara, Rabu.

Bukan hanya warga Akuarium, bekas warga Pasar Ikan yang sudah pindah ke rumah susun yang disediakan Pemprov DKI yakni rusun Marunda dan rusun Rawa Bebek, juga menyempatkan datang ke kampung darurat tersebut untuk saling bersilaturahmi.

"Saya aja dari Marunda, pagi-pagi tetap salat Ied di sini," kata Doddy.

Menurut dia, 150 KK RT 12 masih tetap bertahan di tenda-tenda darurat dan sebagian membangun rumah-rumah bedeng dari papan triplek karena faktor kedekatan dengan tempat mencari nafkah.

Sebagian besar warga Akuarium merupakan kuli panggul di Pelabuhan Sunda Kelapa dan tempat pelelangan ikan, sedangkan rumah susun yang ditawarkan pemerintah jaraknya terlalu jauh sehingga tidak mendukung aktivitas harian warga.

"Dulu aja kita punya usaha di sini (hidup kami) susah, apalagi sekarang kalau di rusun kan tambah jauh," ungkap Doddy.

Sementara itu, seorang warga RT 01 RW 04 Kelurahan Penjaringan, Jarni (40), mengaku akan tetap bertahan di permukiman darurat itu sambil menunggu kompensasi dari pemerintah.

"Kalau bisa ingin dibangunkan lagi rumah di sini, kalau tidak bisa ya minta ganti rugi bangunan," ujar dia.

Jarni yang sudah tiga bulan menempati salah satu tenda darurat bersama belasan keluarga lainnya, menganggap cobaan pada bulan Ramadan dan Lebaran tahun ini begitu berat karena ia kehilangan rumah, harta satu-satunya yang dimilikinya di Ibu Kota.

Ia berharap Lebaran tahun depan kondisi di kampung Akuarium segera membaik dan warga mendapatkan apa yang menjadi hak mereka.

"Lebaran tahun depan inginnya jangan keadaan begini lah, kalau sekarang kan ibarat kata hati itu sudah menjerit," ujar Jarni yang suaminya sehari-hari bekerja sebagai kuli panggul di Pelabuhan Sunda Kelapa.

Ratusan warga RW 04 terdiri dari RT 01, RT 11, dan RT 12 masih mendiami delapan tenda darurat dan belasan rumah bedeng di kawasan bekas penggusuran kampung Akuarium, Luar Batang.

Tenda-tenda tersebut merupakan sumbangan antara lain dari Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto, aktivis perempuan Ratna Sarumpaet, Majelis Ulama Indonesia (MUI), dan organisasi kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT). 

Pewarta: Yashinta Difa
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016