Jakarta (ANTARA News) - Lebaran kali ini dilakoni Menteri Keuangan, Bambang Brodjonegoro, di Budapest, Hungaria. Bersama dengan segenap WNI dan staf Kedutaan Besar Indonesia di Budapest, dia berlebaran di sela kunjungan kerjanya. 

Pejabat Penerangan, Sosial, dan Kebudayaan Kedutaan Besar Indonesia di Budapest, Yudhi Gunawan, Kamis, menyatakan, Brodjonegoro ada di sana untuk bersua dengan koleganya, Wakil Menteri Luar Negeri dan Perdagangan Hongaria, Laszlo Szabo, dan Ketua Komisi Luar Negeri Parlemen Hongaria, Nemeth Zsolt. 

Dalam sepatah kata sambutannya, Duta Besar Indonesia untuk Hongaria, Wening Esthyprobo, mengajak seluruh warga Indonesia di Hongaria  kembali mempererat tali silahturahmi tanpa memandang suku bangsa dan agama. 

Anis Kadir, sebagai imam dan khatib sholat Idul Fitri menjelaskan dengan ketaqwaan yang kita bangun terus menerus yang dimulai dari diri kita, kemudian keluarga dan selanjutnya masyarakat kita, Insya Allah akan mendapatkan keberkahan dan kesejahteraan. 

Iman akan naik dan kokoh dengan menjalankan ibadah dan ketaatan. Begitu juga, ibadah dan ketaatan akan ringan dikerjakan ketika iman naik dan kokoh. Keduanya saling mempengaruhi. 

Selain ornamen khas Idul Fitri di Tanah Air, sudah barang tentu penganan dan sajian nusantara hadir dan siap disantap segenap hadirin. Itu di antaranya ketupat lebaran beserta opor ayam, sambel goreng, dan lain-lain. 

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016