... semua pengelola untuk mengurus sampah dengan baik, jangan biarkan berserakan di mana-mana, jangan merusak suasana dengan pemandangan dan aroma yang tidak baik...
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Pariwisata, Arief Yahya, menyatakan hari kedua Lebaran kali ini saat yang tepat untuk berwisata dan menikmati sajian makanan (kuliner) khas daerah di berbagai tujuan pariwisata dalam negeri. 

Walau pada kenyataannya juga, masih diperlukan waktu berjam-jam karena jalan macet cukup parah untuk bisa tiba di lokasi itu, semisal dari Kota Bandung menuju Lembang, yang jaraknya dekat.  

"Hari pertama Lebaran kemarin di kampung halaman 100 persen hari keluarga dan silaturahim. Hari ini saatnya piknik dan wisata kuliner," kata Yahya, dalam keterangannya, di Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan bagi mereka yang belum mendapatkan ide untuk berwisata ke mana dan apa sajian makanan yang akan disantap, bisa mendapat informasinya dari layanan Kementerian Pariwisata.

"Googling saja ke #PesonaLebaran(kota) atau #PesonaKuliner(kota)," kata Yahya, yang juga sedang mudik di Banyuwangi, Jawa Timur, tempat kelahirannya.

Dengan mengetik #PesonaLebaranBanyuwangi, misalnya, dapat ditampilkan berbagai tujuan wisata di daerah itu sedangkan dengan mengetik #PesonaKulinerLombok dapat memperoleh sajian informasi sajian makanan di Lombok dan sekitarnya.

"Tersedia informasi lebih dari 40 kota di Indonesia," katanya.

Tidak kalah penting, dia berpesan benar-benar, "Pastikan semua pengelola untuk mengurus sampah dengan baik, jangan biarkan berserakan di mana-mana, jangan merusak suasana dengan pemandangan dan aroma yang tidak baik."

Tidak ada orang suka berlibur dan pelesiran ke tempat yang jorok dan banyak sampah. "Itu sangat menginspirasi pengunjung lain. Malu, kita bangsa besar, jika tidak bisa mengurus hal kecil seperti sampah," katanya.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016