Batusangkar (ANTARA News) - Delapan klub sepakbola di Sumatera Barat siap mengikuti Turnamen Jordus Cup XIV di Lapangan Pulai, Nagari Sungayang, Tanah Datar, pada 8 hingga 15 Juli 2016.

Ketua Pelaksana Turnamen Jordus Cup, Yasman Yanusar di Sungayang, Kamis, mengatakan pergelaran turnamen Jordus Cup XIV 2016 dalam rangka memeriahkan Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriah dan merayakan HUT ke-42 Jordus FC.

"Turnamen Jordus Cup XIV ini akan memperebutkan piala bergilir Jordus Cup dan uang tunai bagi pemenang satu dan dua," tambahnya.

Ia menyebut event ini sudah berlangsung sejak 1996 dimana menjadi ajang mempererat tali silaturahim dan persatuan antara masyarakat Tanah Datar dan para perantau yang pulang pada Hari Raya Idul Fitri.

Yasman mengharapkan masyarakat dapat memeriahkan turnamen ini dengan menyaksikan pertandingan sepakbola yang diikuti delapan klub papan atas di Sumbar.

Sementara Ketua Bidang Pertandingan Yusri, menjelaskan delapan klub yang siap berlaga pada turnamen ini adalah Ramadhan FC Padang, Gasliko Limapuluh Kota (Juara I Jordus Cup XIII 2015), Koto Tangah FC Padang (Juara I Irman Gusman Cup 2016), Tim Porprov Tanah Datar, Persiju Sijunjung, PS Dharmasraya, PS Garuda Payakumbuh, dan tuan rumah Jordus FC Tanah Datar.

Menurutnya, 2016 turnamen hanya diikuti oleh klub sepakbola dari Sumbar saja, namun demikian panitia cukup kewalahan menampung animo tim-tim yang cukup tinggi mengikuti turnamen ini.

"Panitia sudah berupaya mempelajari tim yang ingin ikut turnamen, akhirnya terpilih delapan klub tersebut. Kami mohon maaf kalau ada tim yang belum dapat kesempatan tampil 2016," lanjutnya.

Beberapa klub yang belum bisa tampil dalam turnamen kali ini adalah PS Semen Padang U-21, PSP Padang, dan Ikbar FC Jakarta.

"Walau tanpa kehadiran tim-tim tersebut, turnamen Jordus Cup akan tetap berlangsung menarik, karena gelaran ini menjadi tontonan yang paling ditunggu-tunggu masyarakat Tanah Datar yang pulang Lebaran, bahkan juga pelaku dan pecinta sepakbola di Sumbar," katanya.

Turnamen ini, tambah Yusri, terselanggara berkat dukungan Pemkab Tanah Datar, beberapa sponsor produk, Camat dan Muspika Sungayang, Walinagari dan pemuda Sungayang serta para perantau.

Berikut jadwal turnamen Jordus Cup 2016 yang disusun panitia yakni pada Jumat (8/7) Gasliko Limapuluh Kota vs Ramadhan FC Padang, Sabtu (9/7) Tim Porprov Tanah Datar vs PS Dharmasraya, Minggu (10/7) Jordus FC Sungayang vs Persiju Sijunjung, Senin (11/7) PS Koto Tangah Padang vs PS Garuda Payakumbuh. 

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016