Jakarta (ANTARA News) - Paduan suara anak The Resonanz Childrens Choir (TRCC) berhasil meraih juara pertama kategori Children's and Youth Choir dan memperoleh Gold Diploma Level II dalam kompetisi paduan suara Claudio Monteverdi International Choral Festival and Competition yang diselenggarakan di kota Venezia, Italia dari tanggal 7 sampai 10 Juli.

TRCC, yang dipimpin oleh konduktor Devi Fransisca juga keluar sebagai juara umum "grand-prix winner", demikian Project Manager TRCC, Dani Dumadi kepada Antara di Jakarta, Minggu.

Dani Dumadi mengatakan TRCC membawakan empat lagu yaitu Der Wassermann karya Robert Schumann, Salve Regina karya Javier Busto, serta dua lagu karya Fero Aldiansya yaitu 137 Hip Street dan Bungong Jeumpa.

Dengan berbalut kostum bernuansa Aceh, paduan suara berkekuatan 42 anak ini mampu memukau juri serta para hadirin yg memadati ruangan Auditorium Santa Margherita. Hal tersebut nampak dari riuh tepukan serta standing ovation yang diberikan. Para juri pun kemudian meloloskan TRCC ke babak final melawan keempat finalis dari kategori lainnya yaitu kategori Adult's Choir dan kategori Sacred Music.

Pada tanggal 9 Juli, di babak final, paduan suara anak TRCC tampil berbalut kostum bernuansa Papua, membawakan dua lagu masing-masing satu  karya komposer Hongaria Zoltan Kodaly dan Yamko Rambe Yamko karya arransemen dari Agustinus Bambang Jusana.

Pada kompetisi ini, TRCC berhasil memperoleh juara pertama kategori Children's and Youth Choir, dengan nilai 94.2 dan memperoleh Gold Diploma Level II. Selain itu TRCC juga menjadi juara umum (grand-prix winner).

Menurut Keikutsertaan anak anak Indonesia yang berusia sembilan sampai 17 tahun pada kompetisi ini merupakan salah satu bagian dari kegiatan tour concerts dan competition bertajuk Musical Journey 2016.

Kegiatan diawali dengan konser di Balai Resital Kertanegara, Jakarta pada tanggal 2 dan 3 April lalu dilanjutkan dengan tour concerts di kota Hannover dan Berlin.

Paduan suara anak TRCC bernaung dibawah Yayasan The Resonanz Music Studio yang bermarkas di Jalan Kertanegara No. 28. Selain TRCC, sekolah musik pimpinan konduktor Avip Priatna ini, juga menaungi kelompok paduan suara Batavia Madrigal Singers dan kelompok orkestra Jakarta Concert Orchestra.

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016