Jakarta (ANTARA News) - Pasukan anti teror Taiwan menjaga dan mengawal silaturahmi Lebaran 2016 yang digelar pemerintah Kota Taipei untuk warga negara Indonesia di Taiwan, Minggu.

Personel berseragam hitam-hitam dengan senjata laras panjang di tangan bersiaga di dalam gedung olahraga, di Taman Yuanshan, tempat silaturahmi Lebaran 2016 itu digelar. 

Mereka menyisir sisi luar dan sisi dalam gedung yang dipadati sekitar 3.000 WNI yang kebanyakan para tenaga kerja Indonesia.

Silaturahmi Lebaran 2016 dihadiri Wakil Wali Kota Taipei, Chen Jin Jun, dan merupakan yang pertama kalinya diselenggarakan pemerintah Ibu Kota Taiwan tersebut, khusus untuk WNI.

Untuk membuat silaturahmi Lebaran 2016 meriah, pemerintah Kota Taipei menghadirkan penyanyi dangdut asal Jakarta, Siti Badriyah.

Taiwan diguncang ledakan bom rakitan di atas kereta api di stasiun Songshan, Taipei, Kamis malam (7/7), yang
melukai sekitar 25 orang penumpang kereta api itu. Belakangan diketahui ledakan dilakukan seorang pria dengan gangguan mental.

Selain di Taman Yuanshan, halal bi halal WNI juga digelar di Taipei Main Station oleh Majelis Ta'lim Yasin Taipei (MTYT).

Panitia halal bi halal di tempat favorit para TKI itu menghadirkan dua ulama asal Indonesia, Habib Muhammad Firdaus Al Munawar dan Syeik Muhammad Ali Jabir.

Silaturahmi Lebaran 2016 juga digelar para TKI di Kota Taichung. Itu aktivitas rutin digelar para WNI setiap hari Minggu pertama setelah shalat Idul Fitri. Namun baru yang pertama kali penyelenggaranya adalah administratur Kota Taipei.

Setiap kali ada acara silaturahmi Lebaran 2016, lalu lintas Kota Taipei dan sekitarnya macet karena pergerakan para TKI dari berbagai daerah di Taiwan menuju beberapa tempat acara.

Bedasarkan data pemerintah Taiwan jumlah TKI pada pertengahan 2016 mencapai angka 240.000 dan terbanyak di antara negara-negara penyumbang pekerja asing di Taiwan.

Pewarta: M Irfan Ilmie
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016