Bandung (ANTARA News) - Rumah Sakit Umum Pemerintah Hasan Sadikin (RSHS) Bandung mengerahkan 13 dokter untuk menangani pengobatan dan perawatan bagi Arya Permana (10 tahun) bocah asal Kampung Pasir Pining RT002/001 Desa Cipurwasari Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang, yang menderita obesitas (kegemukan) yang amat sangat.

"Tim khusus berjumlah 13 orang dokter ini terdiri dari dokter ahli gizi anak, endokrin anak, tumbuh kembang anak, patalogi klinik, radiologi, bedah anak, ortopedi anak, psikiater anak dan rehabilitasi medik," kata Direktur Medik dan Keperawatan RSHS Bandung, dr Nucki Nursjamsi Hidayat, di Bandung, Senin.

Ia mengatakan rencana tim dokter penanganan pasien Arya Permana akan menyelidiki penyebab pasti yang membuat bocah tersebut menderita obesitas hingga 190 kg.

Selain itu, lanjut dia, tim dokter juga akan mengatur program diet agar berat badannya bisa turun menyentuh berat ideal dari Arya Permana.

"Kita juga akan mengedukasi keluarganya karena kalau program yang diberikan di rumah sakit tidak dilanjutkan di keluarganya maka ini akan sia-sia hasilnya," kata dia.

Sementara itu Ketua Tim Dokter RSHS Bandung yang menangani Arya Permana, yakni dr Julistyo TB menambahkan kondisi medis Arya saat dilakukan pemeriksaan terhadap pada 2 Juli 2016 dinyatakan sehat.

"Dari hasil pemeriksaan fisik dan laboratoriumnya, alhamdulillah masih dalam batas aman. Jadi dari pemeriksaan jantung, paru-paru tidak ada masalah, nampaknya gemuknya hanya menumpuk di bawah kulit. Kita akan cari penyebabnya apakah hormonal atau bagaimana," kata dia.

Senin siang sekitar puku; 13.15 Arya Permana (10 tahun) bocah asal Kampung Pasir Pining RT002/001 Desa Cipurwasari Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang, yang menderita obesitas (kegemukan) dengan bobot 190 kg tiba di lobi humas RSHS Bandung untuk menjalani perawatan dan pengobatan.

Bocah kelas 4 SD ini datang didampingi oleh orang tuanya, Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana dan Kepala Dinas Kesehatan Jawa Barat Alma Lucyati.

Setibanya di RSHS Bandung, Arya langsung dibawa ke Gedung Kemuning Ruang Kenanga Lantai II untuk mendapatkan perawatan medis lebih lanjut.

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2016