Jakarta (ANTARA News) - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Marwan Jafar meminta pejabat dan pegawai di kementeriannya untuk meningkatkan etos kerja pascalebaran.

"Nuansa Idul Fitri adalah kesempatan pembersihan diri, artinya semakin siap untuk beraktivitas dengan semangat dan etos kerja yang lebih baik," ujar Mendes Marwan di Jakarta, Selasa.

Mendes Marwan menambahkan, saat ini masih banyak program-program kerakyatan yang harus segera dijalankan hingga tuntas.

Oleh karena itu, solidaritas dan semangat kerja semua elemen di kementerian itu harus lebih baik dibanding sebelumnya.

"Kami akan membangun suasana baru setelah Idul Fitri dengan langkah-langkah progresif ke depan. Semua jajaran saya minta menjaga soliditas dan juga membangun koordinasi intensif di semua tingkatan dalam kerangka lebih besar, yakni menyukseskan semua program yang akan membawa manfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara" jelas dia.

Tokoh asal Pati itu juga mengingatkan, dalam waktu tidak lama lagi, Kemendes PDTT akan menyusun rencana kerja pemerintah (RKP) 2017.

Kemendes PDTT harus membuat program-program unggulan yang lebih bagus dibanding sebelumnya.

"Kalau bisa, saya minta ada aspirasi dan masukan dari ibu dan bapak di semua jajaran Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi. Program unggulan yang kita jalankan harus menyentuh masyarakat bawah dan benar-benar bermanfaat bagi kemajuan bangsa."

Mendes Marwan menyampaikan permohonan maaf sebesar-besarnya secara pribadi maupun sebagai Menteri Desa atas segala kesalahan.

"Bulan Syawal adalah masa saling bermaaf-maafan. Selama kita semua berintraksi, sengaja atau tidak pasti ada kesalahan. Oleh karenanya saya minta maaf setulus-tulusnya," tukas dia.

(I025)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016