Jakarta (ANTARA News) - Selain berencana untuk menghadirkan game di perangkat Augmented Reality (AR) seperti Microsoft HoloLens dan Google Glass, CEO Niantic pengembang Pokemon GO John Hanke nampaknya juga berencana untuk membawa game viral tersebut ke perangkat Virtual Reality (VR) Google Cardboard.

Dalam menu pengaturan game, pada sub menu lisensi, akan muncul daftar perangkat lunak berlisensi yang Niantic gunakan untuk membangun Pokemon GO. Tepat di atas daftar tersebut terdapat Google Cardboard.

Hal ini mengarah ke spekulasi bahwa permainan tersebut telah disiapkan untuk kompatibel dengan perangkat VR.

Perlu dicatat bahwa Pokemon GO membutuhkan kamera yang konstan, karena game tersebut merupakan jenis permainan AR, belum ada perangkat VR di luar sana yang cocok dengan kamera ponsel.

Hal tersebut bisa berarti Niantic berencana merilis aksesori eksklusif - seperti gelang Pokemon Go Plus - headset yang memungkinkan pengguna untuk meningkatkan pengalaman bermain game tersebut di perangkat VR.

Jika Pokemon GO benar-benar akan dapat dimainkan di perangkat VR, diharapkan orang-orang tidak menggunakannya sambil berkeliaran di jalanan. Pasalnya, belum seminggu dirilis telah banyak kecelakaan yang dilaporkan terjadi akibat bermain Pokemon GO, demikian Phone Arena.

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016