Kami memang ingin mengurangi resiko atlet tergigit nyamuk dan menghindari virus Zika, karena ini sangat berbahaya."
Kudus (ANTARA News) - Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) mengantisipasi virus Zika yang masih mewabah di Brasil jelang keberangkatan tim bulutangkis ke Olimpiade Rio de Janeiro 2016 pada Agustus mendatang.

Virus Zika adalah penyebab penyakit Zika ataupun demam Zika, yang masih berasal dari keluarga yang sama dengan virus penyebab penyakit demam berdarah. Virus Zika disebarkan kepada manusia oleh nyamuk Aedes yang telah terinfeksi.

Untuk menghindari virus Zika, para atlet akan dibekali dengan losion anti nyamuk, semprotan anti nyamuk, kertas tempelan anti nyamuk, sampai kelambu juga diboyong ke Rio untuk dipakai selama atlet tidur di perkampungan atlet.

"Kami memang ingin mengurangi resiko atlet tergigit nyamuk dan menghindari virus Zika, karena ini sangat berbahaya," kata Manajer Tim Bulutangkis Indonesia di Olimpiade Rio de Janeiro 2016 Rexy Mainaky, dalam keterangan pers yang diterima ANTARA News dari Jakarta.

"Protektif boleh, namun kami juga tidak mau terlalu paranoid. Yang paling penting, atlet harus menjaga kondisi dan daya tahan tubuh selama di Brasil," tambah Kabid Binpres PP PBSI itu.

Isu virus Zika memang sempat menebar kekhawatiran bagi sejumlah negara peserta olimpiade. Bahkan beberapa negara memutuskan untuk tidak mengirimkan atlet tertentu ke Rio.

Tim bulu tangkis Indonesia meloloskan sepuluh pemain ke Olimpiade Rio de Janeiro. Pemain yang akan berangkat adalah pasangan Praveen Jordan/Debby Susanto, Tontowi Ahmad/Lilyana Natsir, Hendra Setiawan/Muhammad Ahsan, Greysia Polii/Nitya Khrishinda, Tommy Sugiarto dan Linda Wenifanetri.

Pewarta: Monalisa
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016