Jakarta (ANTARA News) - dr Lula Kamal berbagi tips sehat agar makanan yang kita konsumsi tak menjadi penyebab munculnya berbagai penyakit dalam tubuh.

Lula mengatakan, kunci penting dalam mengkonsumsi makanan adalah memilih makanan dan cara mengolahnya.

"Alpukat mengadung lemak tinggi tetapi baik dan akan membentuk kolesterol baik tetapi jika dibuat es teler, jadi tidak terlalu baik karena tingginya gula," ujar dia saat dihubungi ANTARA News belum lama ini.

Selain itu, batasi makanan yang digoreng bisa menjadi cara menghindari munculnya penyakit, seperti kadar kolesterol yang melonjak.

Kemudian, bila godaan untuk mengkonsumsi makanan bersantan semisal gulai atau opor, tak terhindarkan, sebaiknya langsung habiskan hidangan sehingga tak perlu dipanaskan.

"Pemanasan mengubah rantai lemak dari cis ke trans di mana trans menghasilkan kolesterol jahat," tutur dia.

"Kalau harus memasak, dengan santan, siasati  dengan tidak memanaskan makanan berulang-ulang. Atau siasat lainnya tidak memasak santan. Caranya dengan memeras peras santan dengan air matang sehingga tidak perlu dipanaskan," kata Lula.

Untuk gulai, opor, lanjut dia, sebaiknya masak bumbu dan ayam sampai matang baru setelah hampir matang kemudian masukan santan matang.

Terakhir, tidak berlebihan mengkonsumsi apapun menjadi solusi terbaik. Selain itu, jangan lupa pilar pola hidup sehat, yaitu melakukan olah raga atau aktivitas fisik secara rutin.

"Sebenarnya yang terbaik adalah tidak berlebihan dalam konsumsi apapun kalaupun sudah di konsumsi jangan lupa pilar pola hidup sehat yaitu olahraga," pungkas dia.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2016