counter

Dua bocah perempuan selamat dari terkaman buaya

Dua bocah perempuan selamat dari terkaman buaya

Foto ilustrasi buaya muara atau buaya bekatak (Crocodylus porosus) yang hidup di sungai-sungai dan muara menuju laut. (fr.fotopedia.com)

Saat ini kondisi kedua korban telah membaik dan sudah kembali ke rumah orang tuanya
Pekanbaru (ANTARA News) - Dua bocah perempuan berusia 8 dan 12 tahun selamat dari terkaman buaya saat sedang bermain dan mandi di aliran Sungai Iliran,  Kabupaten Indragiri Hilir Provinsi Riau.

"Kedua anak itu selamat meski dengan sejumlah luka pada bagian kaki dan tangan," kata Kepala Polres Indragiri Hilir AKBP Hadi Wicaksono kepada Antara di Pekanbaru, Kamis.

Dia mengatakan peristiwa yang menimpa dua bocah yang merupakan kakak beradik berinisial AL (12) dan CEK (8) tersebut terjadi pada Rabu sore kemarin.

Menurutnya, peristiwa itu berawal saat kedua anak tersebut sedang bermain di tebing sambil mandi di sungai yang terkenal akan keberadaan buaya tersebut.

Ketika sedang asyik bermain, CEK kemudian masuk ke dalam sungai sementara AL tetap berada di pinggir. Tidak lama berselang, CEK tiba-tiba hilang. Si kakak AL sempat kebingungan dan mencari keberadaan adiknya tersebut. Setelah melakukan pencarian, AL melihat adiknya CEK diseret buaya berukuran sekitar 3 meter.

CEK diseret buaya dengan cara mengigit kaki korban. Melihat adiknya dalam bahaya, AL langsung terjun ke sungai dan berusaha membantu si adik.

"AL berupaya meraih dan menarik tangan adiknya dari terkaman buaya pada kaki kanan CEK. Sempat terjadi tarik menarik," kata Kapolres yang akrab disapa Wicak tersebut.

Kemudian korban AL berusaha menarik baju adiknya CEK dengan posisi tangan kanan memegang tepi pompong dan tangan kiri menarik baju adiknya CEK.

Setelah berhasil menarik adiknya ke tepi, buaya tersebut kembali berusaha menerkam korban AL dan mengenai tangan sebelah kiri AL, namun buaya tersebut kembali melepas gigitannya.

Dalam keadaan mencekam tersebut, kedua korban berteriak minta tolong dan berhasil naik ke pinggir sungai. Mendengar teriakan tersebut, ibu korban langsung datang dan meminta bantuan warga sekitar. Buaya pun berhasil diusir dan melarikan diri ke sisi lain sungai.

Pasca kejadian, korban langsung dibawa berobat ke Puskemas terdekat. Atas kejadian tersebut AL mengalami luka gigitan pada telapak tangan sebelah kiri dan korban CEK mengalami gigitan di betis kaki sebelah kanan.

"Saat ini kondisi kedua korban telah membaik dan sudah kembali ke rumah orang tuanya," jelas Hadi.

Lebih jauh, ia mengimbau kepada masyarakat agar berhati-hati dan menghindari beraktivitas di pinggiran sungai tersebut karena menurut pengakuan warga setempat buaya sering muncul akhir-akhir ini.

Pewarta:
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2016

Komentar