Bantuan tersebut disalurkan oleh Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Binjai,"
Binjai, Sumut (ANTARA News) - Pemerintah Kota Binjai Sumatera Utara memberikan bantuan kepada 435 kepala keluarga korban angin puting beliung, Rabu (13/7), yang terjadi di kawasan itu berupa bahan makanan yang langsung dibagikan di kelurahan setempat.

"Bantuan tersebut disalurkan oleh Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Binjai," kata Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja, Nani Sundari di Binjai, Kamis.

Nani Sundari menjelaskan para korban puting beliung itu setelah dilakukan pendataan di lapangan maka didapat data sebanyak 435 kepala keluarga yang menjadi korban baik rumah mereka mengalami rusak berat, sedang maupun ringan.

Bantuan yang disalurkan buat para korban berupa beras 5 kilogram, minyak goreng 1 liter, mie instan 1 kotak, ikan asin, gula pasir 1 kilogram, ikan sarden 5 kaleng, susu 1 kaleng, saus dan kecap masing-masing 1 kaleng, roti dan bubuk teh.

Sedangkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) setempat, kata Yusrizal, juga memberikan bantuan berupa nasi bungkus dan air mineral.

Adapun data yang terhimpun akibat angin puting beliung itu tersebar di beberapa kecamatan yang terbesar berada di kecamatan Binjai Barat sebanyak 391 kepala keluarga, Binjai Kota 28 kepala keluarga, Binjai Timur 4 kepala keluarga, Binjai Utara 11 kepala keluarga, Binjai Selatan satu kepala keluarga, katanya.

Sementara korban terbanyak di Kecamatan Binjai Barat berada di Kelurahan Limau Sundai 104 kepala keluarga, Kelurahan Sukamaju 106 kepala keluarga, Kelurahan Sukaramai 70 kepala keluarga.

"Sedangkan kerugian akibat dari puting beliung masih dalam pendataan selain bangunan rumah juga yang mengalami kerusakan banyak pohon tumbang, tiang lisrik tumbang," katanya.

Pewarta: Imam Fauzi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016