Kami lihat Christopher siap dan berhasil mempercepat kemenangan Indonesia atas Sri Lanka."
Solo (ANTARA News) - Tim Tenis Piala Davis Indonesia dipastikan lolos degradasi turnamen beregu putra Grup II Zona Asia/Oseania 2016, setelah mengalahkan Sri Lanka sementara 3-0 dari lima partai yang dipertandingkan.

"Tim Indonesia setelah pada partai ganda pasangan Christopher Rungkat/Sunu Wahyu Trijati, menang atas ganda Sri Lanka, Harshana Godamannan/Yasitha De Silva, tiga set 6-2, 6-3 dan 6-0, sudah dipastikan lolos dari degradasi dan tetap bertahan di Grup II," kata Kapten Tim Piala Davis Indonesia, Andrian Raturandang, di Lapangan Tenis Manahan Solo, Jawa Tengah, Sabtu.

Menurut dia, kemenangan Indonesia atas Sri Lanka dengan 3-0 tersebut dimulai pada partai tunggal pertama yang menurunkan David Agung Susanto berhasil mengalahkan Harshana Godamannan (6-4, 6-4, dan 6-4), dan tunggal kedua Christopher Rungkat menang lawan Yasitha De Silva (6-2. 6-0, dan 6-2) pada hari pertama, Jumat (15/7).

"Indonesia mampu membekukan kemenangan melalui ganda pasangan Christopher/Sunu yang bermain percaya diri untuk mengalahkan pasangan Sri Lanka Harshana Godamannan/Yasitha De Silva," kata Andrian.

Andrian mengatakan petenis tim Davis Indonesia melawan Sri Lanka tampil luar biasa. Mereka akan tetap tampil maksimal dan lepas meski pada partai tunggal keempat dan kelima yang digelar pada Minggu (17/7), sudah tidak menentukan lagi.

"Kami akan lihat kondisi pemain yang pasti mereka tampil lepas, dan dapat menyapu bersih lima partai sehingga kedudukan 5-0 untuk Indonesia," kata Andrian.

Menyinggung soal mengubah pasangan partai ganda dari Aditya Hari Sasongko/Sunu Wahyu Trijati menjadi Christopher Rungkat/Sunu, Andrian mengatakan hal itu, bagian dari strateginya.

Menurut Andrian, partai ganda memang biasanya menurunkan pasangan Christopher/Sunu, tetapi dilihat dari awal kondisi Christopher mengalami cedera bagian bahunya, sehingga tidak mau memaksakan dia turun tiga partai dan memilih pasangan Aditya/Sunu.

Namun, Christopher berkembangan terakhir ada perubahan, dan semakin membaik. Dia kemudian turun di partai ganda berpasangan dengan Sunu.

"Kami lihat Christopher siap dan berhasil mempercepat kemenangan Indonesia atas Sri Lanka," katanya.

Dalam partai keempat akan mempertandingan tunggal Indonesia Christopher Rungkat melawan Harshana Godamannan, dan David Agung Susanto melawan Yasitha De Silva.

Meskipun, dua partai yang dipertandingan tersebut sudah tidak menentukan hasil kemenangan Indonesia, tetapi laga akan berjalan seru karena petenis dari dua negara akan tetap tampil maksimal.

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2016